Presiden Minta Jajarannya Bersiap Menerapkan Sistem OSS

Presiden Minta Jajarannya Bersiap Menerapkan Sistem OSS
Presiden Jokowi saat Sidang Paripurna Kabinet di Istana Negara Jakarta, Rabu (16/5). Foto: Setpres RI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah yang nanti terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) agar bersiap menerapkan sistem tersebut.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam sambutannya saat membuka Rapat Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Rabu (16/5).

Persiapan itu meliputi infrastruktur teknologinya maupun dari sisi sumber daya manusianya.

“Paling penting adalah dalam mengubah kultur birokrasi yang kita miliki,” ujar Presiden yang akrab disapa dengan panggilan Jokowi.

Menurut Jokowi, saat OSS diluncurkan, ego sektoral harus betul-betul sudah hilang. Tidak boleh lagi ada prosedur yang ribet, berbelit-belit, berlama-lama. Semuanya harus terintegrasi, lebih cepat, dan lebih sinergis antara kementerian, lembaga, dan pemda yang kita miliki.

Walaupun demikian, Presiden juga mengingatkan bahwa reformasi tidak hanya soal penerapan sistem online saja. Tetapi juga soal penyederhanaan regulasi yang menghambat pelaksanaan berusaha baik di kementerian, lembaga, maupun di daerah.

"Untuk itu saya perintahkan juga kepada Kepala Staf Kepresidenan untuk memonitor ini dan melaporkan kepada saya kementerian apa saja dan lembaga non-kementerian apa saja yang masih belum melaksanakan, yang masih menghambat dalam penyederhanaan regulasi yang ada di kementerian masing-masing," tutur Jokowi.

Penyederhanaan regulasi itu menurut presiden merupakan hal yang penting terutama di bidang investasi dan ekspor guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Prosedur perizinan untuk investasi yang berhubungan dengan padat karya juga harus dikurangi sebanyak-banyaknya.

Presiden Jokowi meminta seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah bersiap menerapkan sistem Online Single Submission (OSS).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News