Kamis, 24 Mei 2018 – 07:12 WIB

Baleg DPR Minta Presiden Jokowi Tegur MenPAN-RB

Kamis, 17 Mei 2018 – 10:05 WIB
Baleg DPR Minta Presiden Jokowi Tegur MenPAN-RB - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Badan Legislasi (Baleg) DPR RI gerah terhadap sikap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur yang dinilai menghambat pembahasan revisi UU Aparatur Sipil Negara (ASN). Baleg pun mendesak agar Presiden Joko Widodo memberikan teguran kepada bawahannya itu.

“Sesuai mekanisme, Baleg menyurati pimpinan DPR RI untuk meminta agar presiden menegur pembantunya (MenPAN-RB) karena memperlambat revisi UU ASN. Pimpinan DPR pun sudah berkirim surat kepada presiden menyampaikan keluhan dari Baleg,” tutur Wakil Ketua Baleg DPR RI Arif Wibowo yang dihubungi, Kamis (17/5).

Arif yang juga ketua Panja Revisi UU ASN ini menjelaskan, Baleg lewat pimpinan DPR terpaksa melaporkan sikap MenPAN-RB karena ada indikasi sengaja menghambat kerja Dewan. Apalagi pada 24 Januari 2018, Menteri Asman berjanji segera memasukkan daftar inventarisasi masalah (DIM) untuk kemudian dibahas bersama Baleg.

“Faktanya, lima bulan berlalu tanpa ada kejelasan. Menterinya ini bahkan belum menyusun DIM, padahal rentang waktunya cukup panjang," tegasnya.

Politikus PDI Perjuangan ini menilai, tindakan MenPAN-RB tersebut menunjukkan pembangkangan terhadap perintah presiden. Sebab, presiden sudah mengamanatkan kepada para pembantunya untuk membahas revisi UU ASN.

"Jadi bukannya presiden tidak peduli. Kan sudah didelegasikan tugasnya kepada para pembantunya. Kami berharap presiden menegur menterinya dan memerintahkan segera menyiapkan DIM agar Baleg bisa bekerja," tandasnya.(esy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar