Presiden: Politik TNI Adalah Politik Kepentingan Negara

Presiden: Politik TNI Adalah Politik Kepentingan Negara
Presiden Joko Widodo. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, CILEGON - Presiden Joko Widodo meminta kepada TNI agar tidak melakukan politik praktis. Menurut pria yang akrab disapa Jokowi itu, politik TNI adalah politik yang mementingkan rakyat dan negara.

"Politik TNI adalah politik negara. Hanya untuk kepentingan negara dan bangsa. Politik itu kesetiaan memperjuangkan rakyat dan menjaga persatuan NKRI," kata Jokowi dalam sambutannya pada acara perayaan HUT Ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Kamis (5/10).

Selain itu, Jokowi menegaskan, TNI juga harus patuh dan setia terhadap pemerintahan yang sah yang terpilih secara konstitusi. TNI juga harus mengutamakan politik demi menjaga keutuhan nasional.

"Saya bangga dan terkesima, sumpah saudara-saudara sekalian, setia NKRI, Pancasila, dan UUD 1945. Tunduk pada hukum. Taat pada atasan, menjalankan tugas penuh tanggung jawab dan menjaga rahasia,” jelas Jokowi.

Menurut Jokowi, sumpah prajurit merupakan komitmen paling terberat yang dijalani oleh seseorang untuk bangsa. Menjadi prajurit, lanjut Jokowi, adalah profesi yang membawa kemuliaan.

“Itulah yang dipegang teguh institusi TNI. Pondasi itulah kami menghadapi dan memenangkan persaingan global," tandas Jokowi.(Mg4/jpnn)


Presiden Jokowi meminta TNI agar tidak melakukan politik praktis. Menurut Jokowi, politik TNI adalah politik yang mementintingkan kepentingan negara


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News