Presiden Prancis Bakal Kunjungi Indonesia

Presiden Prancis Bakal Kunjungi Indonesia
Jokowi bersalaman dengan Dubes Prancis Jean-Marc usai membahas persiapan kedatangan Presiden Prancis. Foto Biro Pers

jpnn.com - jpnn.com - Bukan hanya kedatangan Raja Salman yang bersejarah bagi Indonesia. Pada akhir Maret nanti, Presiden Joko Widodo juga akan menerima kunjungan kenegaraan Presiden Prancis Francois Hollande.

Ini diketahui dari kedatangan delegasi Menteri Luar Negeri dan Pembangunan Internasional Prancis Jean-Marc Ayrault menemui Presiden Jokowi di Istana Negara, Selasa (28/2) petang.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang mendampingi Presiden Jokowi menerima delegasi Prancis, mengatakan kunjungan kehormatan Dubes Jean-Marc membahas persiapan kunjungan Presiden Hollande yang direncanakan akan mengunjungi Indonesia pada akhir Maret 2017.

Sebagai mitra strategis, Indonesia menyambut baik rencana kunjungan itu.

"Sudah lebih dari 30 tahun Presiden Prancis tidak berkunjung ke Indonesia. Tadi Presiden Joko Widodo menyambut baik rencana kunjungan tersebut," ujar Retno Marsudi dalam siaran pers.

Dalam pertemuan tersebut, Jean-Marc Ayrault turut menyampaikan komitmen pemerintah Prancis mengenai peningkatan kerja sama dengan Indonesia. Dia berharap kunjungannya ini meningkatkan kerja sama, utamanya dalam bidang ekonomi, kemaritiman, dan ekonomi kreatif.

Di bidang ekonomi, khususnya perdagangan dengan Uni Eropa, Indonesia sebelumnya telah ditetapkan menjadi negara pertama yang berhasil mendapatkan skema lisensi FLEGT (Forest Law Enforcement, Governance and Trade) atau Penegakan Hukum, Tata Kelola dan Perdagangan Bidang Kehutanan dari Uni Eropa.

Lisensi FLEGT yang berhasil diperoleh oleh Indonesia tersebut menandakan pengakuan dunia internasional mengenai upaya Indonesia dalam memerangi pembalakan liar dan mewujudkan manajemen hutan berkesinambungan.

Bukan hanya kedatangan Raja Salman yang bersejarah bagi Indonesia. Pada akhir Maret nanti, Presiden Joko Widodo juga akan menerima kunjungan kenegaraan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News