Presiden Suriah Bashar Assad Menang Pemilihan Lagi

Presiden Suriah Bashar Assad Menang Pemilihan Lagi
Warga Suriah mengibarkan bendera nasional dan membawa potret besar presiden mereka saat mereka merayakannya di jalan-jalan ibu kota Damaskus, sehari setelah Bashar al-Assad terpilih untuk masa jabatan keempat dengan mayoritas besar. Foto: Louai Beshara, AFP

jpnn.com, SURIAH - Otoritas Suriah mengumumkan Presiden Bashar Assad telah terpilih kembali untuk masa jabatan keempat dengan lebih dari 95 persen suara.

Dia mengalahkan dua penantang - termasuk mantan pejabat senior koalisi pemberontak.

Setelah pengumuman tersebut, pesta kembang api digelar dan kerumunan warga bersorak-sorai di berbagai alun-alun utama di kota-kota di Suriah.

Mahmoud Ahmad Marei, yang sebelumnya menjabat sebagai sekjen koalisi pemberontak Front Nasional untuk Pembebasan Suriah, menerima sekitar 470.276 suara, atau 3,1%.

Kemudian Abdullah Sallum Abdullah dari Partai Serikat Sosialis berada di urutan ketiga dengan sekitar 213.968 suara, atau 1,5 persen.

Jumlah pemilih dalam pemilihan hari Rabu adalah 78%, Bashar Assad memenangkan lebih dari 13 juta suara, menurut Hammouda Sabbagh, ketua legislatif Suriah.

Jumlah total pemilih yang memenuhi syarat adalah 14.239.140 dari 18.107.000 warga Suriah yang saat ini berada di dalam atau di luar negeri, menurut Menteri Dalam Negeri Muhammad al-Rahmoun.

"Terima kasih kepada semua warga Suriah atas rasa nasionalisme mereka yang tinggi dan partisipasi penting mereka," kata Assad setelah hasil diumumkan.

Presiden Bashar Assad telah terpilih kembali untuk masa jabatan keempat dengan lebih dari 95 persen suara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News