Presiden Temui Garda Terdepan Bangsa se-Solo Raya

Presiden Temui Garda Terdepan Bangsa se-Solo Raya
Presiden Jokowi berfoto bersama dengan Babinsa dan Bhabinkatibmas se-Solo Raya, Jawa Tengah, Senin (30/1). Foto: Foto Biro Pers Setpres

jpnn.com - jpnn.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahmi dengan jajaran TNI dan Polri se-Solo Raya di Hotel Alila, Solo, Senin (30/1).

Dalam pertemuan secara tertutup dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkatibmas), presiden didampingi Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Setelah pertemuan, Presiden menjelaskan bahwa dirinya ingin bertemu dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas karena mereka memiliki tugas yang penting, berhubungan langsung dengan keamanan, memelihara ketertiban serta deteksi dan pencegahan dini.

“Mereka yang pertama sering mendapatkan informasi baik yang berkaitan dengan kejahatan, keamanan dan terorisme. Mereka yang pertama, sehingga kalau cara mendengarnya benar, kejadian-kejadian yang tidak diinginkan itu bisa dicegah, ini preventif yang ingin kita lakukan,” kata Jokowi.

Selain itu, mantan wali kota Surakarta, menginginkan seluruh wilayah NKRI dalam keadaan aman. Oleh karenanya pertemuan ini digunakan juga untuk menyampaikan kebijakan dari Kapolri dan Panglima TNI.

"Jika informasi dari atas ke bawah itu bisa betul-betul lurus semuanya, sehingga ngerti semuanya, apa sih yang harus dilakukan. Oleh sebab itu perlu penyampaian langsung seperti ini,” jelasnya.

Selain itu, alasan pertemuan dengan Banbinsa dan Bhabinkamtibmas se-Solo Raya, karena dalam beberapa peristiwa terorisme tidak jarang terdapat pelaku yang berasal dari Solo.

“Kita tahu semuanya hal-hal yang berkaitan dengan terorisme, kalau saya mendapatkan laporan ada peristiwa (terorisme), pasti satu, dua ada yang dari wilayah Solo Raya. Sehingga kita memerlukan pendekatan-pendekatan yang lebih baik agar hal-hal yang tidak kita inginkan bisa kita cegah,” tambah Jokowi.

 Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahmi dengan jajaran TNI dan Polri se-Solo Raya di Hotel Alila, Solo, Senin (30/1).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News