Presidensi G20 Indonesia Dorong Penyelesaian Substansi Leaders’ Declaration

Presidensi G20 Indonesia Dorong Penyelesaian Substansi Leaders’ Declaration
Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso. Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Pertemuan Sherpa G20 (Sherpa Meeting) dan pertemuan Deputies Finance akan mendahului penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar pertengahan November mendatang.

Dalam Sherpa Meeting akan dilakukan pembahasan seluruh substansi yang akan dituangkan dalam Leaders’ Declaration.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso menjelaskan substansi dari Leaders’ Declaration ini lebih mendetailkan hal-hal yang terkait prioritas-prioritas yang ada di G20, utamanya adalah 3+1 prioritas.

Dia menjelaskan hal-hal prioritas tersebut, yaitu arsitektur kesehatan global, tranformasi ekonomi berbasis digital, transisi energi, dan ketahanan pangan.

"Yang paling penting dalam Leaders’ Declaration ini, seluruh sherpa sedang proses di dalam membahas berbagai kesepakatan yang nanti akan dituangkan di Leaders’ Declaration,” ungkap Susiwijono Moegiarso melalui keterangan tertulis yang diterima, Jumat (28/10).

Presidensi G20 Indonesia mengenalkan pendekatan yang baru dengan menghasilkan concrete deliverables, berupa proyek, program, atau inisiatif.

Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo agar Presidensi G20 Indonesia dapat menghasilkan manfaat nyata bagi masyarakat Indonesia serta meningkatkan peran dan profil Indonesia pada forum G20.

Presidensi G20 Indonesia Dorong Penyelesaian Substansi Leaders’ Declaration

Substansi Leaders’ Declaration lebih mendetailkan hal-hal yang terkait prioritas-prioritas yang ada di G20, utamanya adalah 3+1 prioritas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News