Pria Bertestis Besar Lebih Suka Selingkuh

Pria Bertestis Besar Lebih Suka Selingkuh
Pria Bertestis Besar Lebih Suka Selingkuh

jpnn.com - SEBAGIAN pria sangat setia dengan pasangannya, namun sebagian yang lain suka bergonta-ganti alias selingkuh. Para ilmuwan memperkirakan, ukuran testis bisa mempengaruhi kecenderungan para pria untuk terlibat perselingkuhan.

Para ilmuwan memulainya dengan pengamatan pada kawanan bonobo, sejenis primata yang memiliki testis besar. Primata ini cenderung punya banyak pasangan, yang berarti bahwa jantan maupun betina tidak cuma kawin dengan masing-masing 1 pasangan.

Kemudian, para ilmuwan juga mengamati kawanan gorila, primata yang disebut-sebut memiliki ukuran testis lebih kecil. Para kelompok ini, kecenderungan untuk setia dengan satu pasangan saja teramati lebih besar dibandingkan pada kawanan bonobo.

"Kita bisa menentukan tingkat kesetiaan berdasarkan ukuran testis," kata pemimpin peneliti, Petter Bockman, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (11/2).

Bockman menambahkan ukuran testis yang besar umumnya dimiliki oleh spesies yang memiliki usia hidup yang pendek. Belalang misalnya, punya testis yang ukurannya hampir sebaruh dari besar tubuhnya. Landak laut bahkan punya testis yang bahkan lebih besar lagi.

Manusia sendiri, menurut Bockman memiliki ukuran testis rata-rata 1,5 kali lebih besar dari gorila. Oleh karena itu, secara alamiah manusia diperkirakan tidak lebih setia dibandingkan para gorila. (fny/jpnn)


SEBAGIAN pria sangat setia dengan pasangannya, namun sebagian yang lain suka bergonta-ganti alias selingkuh. Para ilmuwan memperkirakan, ukuran testis


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News