Pria ISIS Beristri Tiga, Mantan Ajudan Terpidana Teroris

Pria ISIS Beristri Tiga, Mantan Ajudan Terpidana Teroris
Pria ISIS Beristri Tiga, Mantan Ajudan Terpidana Teroris

jpnn.com - JAKARTA - Sosok pria jangkung berjenggot dengan sorban hitam dan dikelilingi pria-pria yang menyangkong AK-47, tiba-tiba membuat geger.

Pria itu mengajak warga negara Indonesia untuk ber-baiat dan memberikan dukungan organesasi garis keras Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) melalui Youtube. Siapa sebenarnya pria tersebut?

Kapolri Jenderal Sutarman, Senin (4/8) kemarin menyebut pria itu berinisial B. Eks Juru Bicara Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) Ahmad Fatih menyebut pria itu adalah Bahrunsyah. Nama lain adalah Abu Muhammad al Indonesi.

"Saya pernah melihat tapi tidak mengenalnya. Tahu muka saja," kata ustadz Fatih saat berbincang seperti dilansir Jateng Pos, Rabu (6/8).

Fatih menampik Bahrun merupakan bagian dari tandzim (kelompok) JAT pimpina Abu Bakar Ba'asyir.
"Yang saya tahu dia kelompok pengajian Ustad Aman (Abdurahman)," kata Fatih.

Ustaz Aman saat ini menghuni Lapas Kembang Kuning Nusakambangan karena terlibat dalam I'dad (pelatihan) militer di pegunungan Janto, Aceh.

Penjara bukanlah yang pertama  bagi ustaz Aman. Tahun 2004 dia ditangkap atas tudingan pelatihan militer di Cirebon dan kepemilikan bahan peledak.
Sosok Aman yang kerap menyuarakan tauhid ini dibebaskan tahun 2008 dari Lapas Cirebon.
Dua tahun menghirup udara bebas, dia kembali dijebloskan di penjara setelah Densus 88 menangkapnya di kediamannya di Sumedang, Jabar.

Sumber lainnya di kalangan gerakan Islam tidak begitu mengenal Bahrunsyah. Dia hanya tahu bahwa Bahrun tinggal dan menetap di sekitar Ciputat.
"Kalau kuliah di mana saya tidak tahu, termasuk keluarganya," kata sumber tersebut.

JAKARTA - Sosok pria jangkung berjenggot dengan sorban hitam dan dikelilingi pria-pria yang menyangkong AK-47, tiba-tiba membuat geger. Pria itu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News