Pria Usia 40-an Tahun Rawan Obesitas

Pria Usia 40-an Tahun Rawan Obesitas
Pria Usia 40-an Tahun Rawan Obesitas

jpnn.com - LONDON---Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan fakta laki-laki di usia 40-an tahun lebih rawan memiliki kecenderungan menderita kegemukan (obesitas) dibandingkan perempuan.

Dari 10 ribu relawan laki-laki dan dan perempuan Inggris yang lahir dalam lingkup satu minggu pada 1970, ditemukan lebih dari dua pertiga laki-laki dan sekitar setengah perempuan di awal 40-an menderita kelebihan berat badan atau obesitas.

Pria juga jauh lebih beresiko menderita kelebihan berat badan. Data menunjukkan 45 persen dari mereka diklasifikasikan sebagai kelebihan berat dan 23 persennya dikategorikan obesitas.

Sementara pada perempuan persentasenya hanya mencapai 29 persen yang kelebihan berat badan dan 20 persen obesitas.

"Kondisi ini mungkin didorong kenyataan,  masyarakat lebih bisa menerima lelaki yang kelebihan berat badan dibandingkan perempuan," ujar Dr Alice Sullivan, dari Institut Pendidikan di University of London, seperti dilansir BBC (7/11).

Mengomentari studi ini, Christopher Allen, perawat jantung senior di British Heart Foundation, mengatakan kelebihan berat badan atau obesitas meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

"Yang mengkhawatirkan adalah penelitian ini menyoroti laki-laki dan cenderung mengabaikan perkembangan lingkar pinggang mereka daripada perempuan," ujarnya.

Padahal lelaki atau perempuan, harus mempertahankan diet yang sehat, seimbang dan tetap aktif secara fisik dapat membantu mengurangi berat badan dan risiko penyakit kardiovaskular. (esy/jpnn)


LONDON---Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan fakta laki-laki di usia 40-an tahun lebih rawan memiliki kecenderungan menderita kegemukan (obesitas)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News