Tips Sehat Mengatasi Rambut Beruban

Tips Sehat Mengatasi Rambut Beruban
Tips Sehat Mengatasi Rambut Beruban

jpnn.com - FAKTOR usia bukan satu-satunya penyebab rambut beruban. Stres, kerusakan rambut, dan pola makan yang tidak sehat bisa berpengaruh pada kesehatan rambut. Tidak jarang, wanita yang masih terbilang muda rambutnya sudah beruban.

"Setiap folikel rambut berhenti memproduksi melanin pada waktu yang berbeda, sehingga kombinasi rambut putih terhadap helai rambut berwarna lainnya, membuat mereka tampak seperti berwarna abu-abu," kata seorang ahli kosmetik dari Chicago, Perry Romanowski, seperti dilansir laman Yahoo Shine, Kamis (7/11).

Salah satu cara mudah mengatasi uban adalah dengan mengecatnya. Berikut tipsnya.

1. Warnai rambut yang beruban saja
Agar lebih praktis, banyak orang yang memilih mewarnai seluruh rambutnya saat ingin menghilangkan uban. Selain boros, pewarnaan rambut seperti ini berakibat buruk pada rambut yang masih berwarna hitam. Jika bagian yang tak beruban terlalu sering dicat, akan terjadi penumpukan bahan kimia dari cat rambut yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Cat rambut dapat mengakibatkan rambut menjadi kusam, patah dan rusak.

2. Ratakan dengan sisir
Agar warna rambut anda rata, gunakanlah bantuan sisir. Setiap selesai mewarnai rambut yang beruban, celupkan sisir ke dalam air. Kemudian sisirlah rambut ke arah belakang hingga tertata rapi dan berwarna rata. Diamkan selama lima menit, lalu keramas. Sisir dipercaya dapat meratakan warna rambut dan mengurangi penumpukan cat.

3. Uban berwarna lebih terang
Jika anda tetap ingin mengecat keseluruhan rambut, ingatlah bahwa uban memiliki warna rambut yang lebih terang dibanding rambut normal. Jika diwarnai, bagian tersebut akan berwarna lebih muda ketimbang rambut lain. Agar terlihat sama, pastikan bagian rambut yang beruban dicat terlebih dahulu, sehingga penyerapan warna lebih lama.

4. Cat uban kembali
Setelah kurang lebih tiga minggu, biasanya uban kembali muncul. Maka itulah saat yang tepat untuk mengecatnya kembali. Pilih cat rambut yang diformulasikan dengan zat aktif yang ringan dan tidak merusak rambut. Selain itu, jangan lupa melakukan perawatan setelah pengecatan dan memilih shampo terbaik yang bisa melindungi dari kerusakan rambut.(fny/jpnn)


FAKTOR usia bukan satu-satunya penyebab rambut beruban. Stres, kerusakan rambut, dan pola makan yang tidak sehat bisa berpengaruh pada kesehatan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News