Prioritas Nasional, Pemerintah Gencarkan Pelatihan Sektor Pariwisata

Prioritas Nasional, Pemerintah Gencarkan Pelatihan Sektor Pariwisata
Menaker Hanif Dhakiri saat mengunjungi UPTD BLK Industri dan Pariwisata (BLK IP) di Denpasar, Bali Jumat (12/7). Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, DENPASAR - Pemerintah menjadikan sektor pariwisata sebagai prioritas pembangunan ekonomi nasional. Target membangun "10 Bali Baru" sebagai magnet wisata internasional pun telah dicanangkan. Untuk mendukung program prioritas tersebut, Kementerian Ketenagakerjaan terus mengencarkan jenis-jenis pelatihan vokasi di sektor pariwisata yang diselenggarakan Balai Latihan Kerja (BLK) di seluruh Indonesia.

"Pariwisata ini kan prioritas nasional. Untuk itu, kejuruan pariwisata itu sarana-prasarananya akan terus kita tingkatkan dan jumlahnya pun kita genjot," kata Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri saat mengunjungi UPTD BLK Industri dan Pariwisata (BLK IP) di Denpasar, Bali Jumat (12/7) petang.

Menaker Hanif mendukung program pelatihan pariwisata di BLK IP Bali yang telah memberikan dampak nyata terhadap pembangunan ketenagakerjaan. Hal itu dapat dilihat dari prestasi Provinsi Bali yang saat ini tercatat sebagai daerah dengan angka pengangguran terendah. "BLK Bali ini fokus pada pelatihan vokasi sektor pariwisata. Pas dengan industri pariwisata yang terus bekembang di Pulau Dewata itu," terang Menaker.

BACA JUGA: Indonesia, Malaysia dan Thailand Perkuat Kerja Sama Sistem Informasi Pasar Kerja Online

Untuk masifikasi penciptaan SDM kompeten di sektor pariwisata, Menaker Hanif mendorong peningkatan kualitas dan kapasitas pelatihan vokasi. Baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta. "BLK dan LPK Swasta dievaluasi untuk memastikan kemampuannya dalam melakukan masifikasi pelatihan vokasi yang sesuai pasar kerja," jelas Menaker Hanif.

Direktur Bina Lembaga Pelatihan Kemnaker, Wiwit Windiana, menambahkan, Kemnaker terus mendorong Balai Latihan Kerja milik Pemda untuk meningkatkan kualitas dan aksesbilitas pelatihan. Adapun, salah satu cara meningkatkan kualitas pelatihan tersebut adalah revitalisasi pelatihan di BLK daerah. "Jadi sarana prasarana, program pelatihan, itu ditingkatkan kualitasnya sesuai dengan kebutuhan pasar kerja," kata Wiwit.

BACA JUGA: Perusahaan Diminta Segera Menerapkan Standar K3 Baru

Untuk mendorong peningkatan pelatihan di daerah, Kemnaker sendiri terus memberikan bantuan program pelatihan kepada Pemda. Di Bali misalnya, Kemnaker memberikan bantuan pelatihan berupa paket-paket pelatihan.

Pemerintah menjadikan sektor pariwisata sebagai prioritas pembangunan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News