Prioritaskan Pembangunan Kesehatan, Nunukan Perbanyak Puskesmas Rawat Inap

Prioritaskan Pembangunan Kesehatan, Nunukan Perbanyak Puskesmas Rawat Inap
PUSTU SEMAJA - Bupati Nunukan, Drs H Basri, beberapa waktu yang lalu meninjau pembangunan pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) yang berada di Desa Samaenre Semaja Kecamatan Seimanggaris. Foto: IST

jpnn.com - NUNUKAN - Selain sektor pembangunan fisik dan pendidikan, Pemkab Nunukan tampaknya juga sangat serius melakukan pembangunan di sektor kesehatan. Ini dibuktikan melakukan pembangunan Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di seluruh kecamatan. Hebatnya lagi, sejumlah puskesmas di kecamatan ini nantinya juga melayani pasien rawat inap.

Komitmen tersebut melengkapi melengkapi pembangun rumah sakit umum, rumah sakit Pratama di Kecamatan Krayan dan Sebuku yang menjadi program prioritas Bupati Nunukan H. Basri dan Wakil Bupati Hj. Asmah Gani.

Penyebaran puskesmas mulai dari Kecamatan Nunukan Selatan (PKM Sedadap), Puskesmas Sebatik Barat  (Setabu), Sebatik Tengah (Aji Kuning), Sebatik Utara (Lapri), Sebatik (Sei Taiwan) dan Sebatik Timur (Sei Nyamuk), Sebuku (Pembeliangan), Tulin Onsoi (Sanur), Sembakung (Desa Atap), Sembakung Atulai (Tanjung Harapan), Lumbis (Mansalong),  Lumbis Ogong (Binter), Simanggaris (PKM Simanggaris), Krayan Induk (PKM Long Bawan) dan Puskesmas Krayan Selatan di PKM Long Layu.

Faktor geografis dinilai masih menyulitkan warga untuk mengakses lokasi puskesmas, namun Dinas Kesehatan Nunukan mengakomodir hal itu dengan mendirikan puskesmas pembantu (pustu) yang penyebarannya juga merata di seluruh kecamatan.

“Pembangunan pustu tidak dilihat dari jumlah penduduknya tetapi salah satu pertimbangan adalah melihat geografisnya, misalkan saja Kecamatan Nunukan hanya ada 2 pustu, sementara Krayan ada 10 pustu dan 3 Poskedes,” kata Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Nunukan, Hj Miskiah

Dalam upaya menunjang dan meningkatkan pelayanan kesehatan di beberapa puskesmas di wilayah Kabupaten Nunukan, pemerintah pada tahun 2015 ini sedang membangun beberapa fasilitas penunjang pelayanan berupa rawat inap. 

Miskiah menyebutkan, fasilitas yang akan dibangun menggunakan anggaran Dinkes Nunukan di antaranya, Pembangunan ruang rawat inap di Puskesmas Sei Menggaris dan puskesmas Long Bawan Kecamatan Krayan.

Sementara itu di Pulau Sebatik tepatnya di Puskesmas Sei Taiwan dan Puskesmas di Desa Lapri akan dibangun rumah para medis dan dokter yang anggarannya dari empat kegiatan tersebut bersumber dari anggaran pusat (APBN).

NUNUKAN - Selain sektor pembangunan fisik dan pendidikan, Pemkab Nunukan tampaknya juga sangat serius melakukan pembangunan di sektor kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News