Produk Hortikultura Cabai Paku Masuk Daftar Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

Produk Hortikultura Cabai Paku Masuk Daftar Top 45 Inovasi Pelayanan Publik
Direktorat Jenderal Hortikultura berhasil mendorong kelompok-kelompok tani untuk menghasilkan produk turunan hortikultura. Foto: Humas Ditjen Hortikultura

jpnn.com, KULON PROGO - Lahan berpasir dekat pantai di kawasan Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, menyimpan potensi untuk produksi pangan.

Salah satunya adalah cabai. Tak kurang dari 2 ribu hektare kawasan lahan berpasir disulap menjadi lahan pertanaman cabai yang terintegrasi dengan pertanaman jagung sebagai border, buah, serta sayuran lain.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menyampaikan, penumbuhan UMKM hortikultura yang dilaksanakan Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Hortikultura berhasil mendorong kelompok-kelompok tani untuk menghasilkan produk turunan hortikultura.

Salah satunya, Kelompok Wanita Tani (KWT) Melati untuk menghasilkan aneka produk turunan cabai untuk meningkatkan nilai tambah dan daya saing Cabai Pantai Kulon Progo (Cabai Paku) yang hulunya cukup berlimpah.

Produknya seperti abon cabai, cabai rawit kering, dan olahan pangan pedas sudah masuk di salah satu gerai di Bandar Udara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo.

Saat berkunjung ke Rumah Produksi Pengolahan Hortikultura Cabai KWT Melati, Sekretaris Direktorat Jenderal Hortikultura Retno Sri Hartati Mulyandari menyatakan, pembangunan hortikultura dilaksanakan sesuai dengan agenda pembangunan nasional.

“Pembangunan hortikultura mendukung pencapaian prioritas nasional, penguatan ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas, dan prioritas 3 program. Yakni, peningkatan ketersediaan, akses dan konsumsi pangan berkualitas, serta peningkatan nilai tambah dan daya saing industri,” ujar Retno.

Pengembangan Cabai Paku merupakan bentuk inovasi Pemkab Kulon Progo untuk memanfaatkan lahan tidak produktif dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kementan mendukung inovasi pengembangan produk hortikultura Cabai Paku di Kulon Progo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News