Produk UMK Binaan Pertamina Siap Bersaing di E-Commerce

Produk UMK Binaan Pertamina Siap Bersaing di E-Commerce
Pembekalan yang diberikan Pertamina pada peserta UMK Academy 2021 terus berlanjut. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pembekalan yang diberikan Pertamina pada peserta UMK Academy 2021 terus berlanjut. Setelah beberapa materi dasar tentang UMK naik kelas, kini para peserta dari kelas Go Online diajak untuk mulai mengaplikasikan sedikit tentang pengetahuan tentang marketplace. Tentunya, dipandu oleh para pemateri yang handal di bidangnya.

Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan kemajuan teknologi dan tuntutan kondisi akibat pandemi Covid-19 membuat para UMK harus beradaptasi dengan cara-cara pemasaran yang lebih kekinian sekaligus aman.

“Salah satunya adalah lewat marketplace, untuk itu Pertamina memberi pembekalan terkait membangun strategi bersaing di e-commerce bagi para UMK. Sehingga diharapkan para produk UMK asli Indonesia bisa banyak tersedia di e-commerce baik di lingkup nasional maupun internasional,” tuturnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh MarkPlus, Inc pada September 2020 lalu, e-commerce dan aplikasi penunjang produktivitas menempati urutan tiga besar aplikasi yang paling banyak digunakan.
Terutama di masa pandemi, konsumen banyak memilih berburu produk lewat marketplace dan akhirnya menuntut pelaku bisnis untuk ikut bermigrasi dari yang semula dijual secara offline menjadi online.

Dalam pembekalan tersebut, Pertamina juga mewanti-wanti mitra binaan agar tidak terkena jebakan di e-commerce. Apa itu? Yakni kondisi terburu-buru masuk e-commerce tanpa persiapan yang cukup, sehingga berimbas pada pengeluaran untuk e-commerce yang tinggi dan volume penjualan saat diskon tinggi.

“Akhirnya kewalahan dan barang yang terdistribusi akhirnya minim quality control,” imbuhnya.

Menurut Fajriyah untuk menghindari itu semua, para UMK yang ingin terjun ke dunia marketplace wajib mengetahui karakteristik platform e-commerce yang akan digunakan.

Dia mencontohkan banyaknya fitur diskon, gratis ongkos kirim, dan promo-promo lain yang mengharuskan para penjual didalamnya siap dengan kondisi tersebut.

Pembekalan yang diberikan Pertamina pada peserta UMK Academy 2021 terus berlanjut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News