Produksi Migas Lapangan Handil Catat Angka Tertinggi

Produksi Migas Lapangan Handil Catat Angka Tertinggi
Ilustrasi industri Migas. FOTO : Dok Jawa Pos

jpnn.com, KUTAI KARTANEGARA - Lapangan Handil di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, mampu memproduksi minyak sebanyak 1.057 barel minyak per hari (BOPD) dan gas sebesar 2,6 MMscfd.

Produksi harian ini merupakan prestasi tertinggi Lapangan Handil, khususnya dari sumur H-L-174 yang mulai berproduksi pada 21 September 2018.

“Penambahan produksi di Lapangan Handil yang telah mature ini tercapai berkat upaya optimisasi oleh PHM selaku operator,” kata Executive Vice President Sunaryanto yang mengepalai kegiatan operasi di WK Mahakam, Rabu (26/9).

Dia menambahkan, Lapangan Handil merupakan bagian dari Wilayah Kerja (WK) Mahakam yang sejak 1 Januari 2018 dikelola oleh PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) dengan dukungan SKK Migas.

Angka produksi dari sumur baru ini jauh lebih tinggi dari perkiraan awal sebesar 598 BOPD.

Pengeboran sumur ini menggunakan rig yani yang memang didesain untuk dioperasikan di kawasan delta.

Handil adalah salah satu lapangan minyak di WK Mahakam, dan telah berproduksi sejak Juli 1975.

Di lapangan itu terdapat 107 sumur hidrokarbon aktif, empat sumur water producer, dan 13 sumur water injector. (yull/prokal/jpnn)


Lapangan Handil di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, memproduksi minyak sebanyak 1.057 barel minyak per hari (BOPD) dan gas sebesar 2,6 MMscfd


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News