Produser pun Kini Terima Royalti

Produser pun Kini Terima Royalti
Logo Armindo

jpnn.com, SURABAYA - Anny Widawati tidak mampu menutupi kebahagiaannya. Usaha kerasnya membuahkan hasil. Dia adalah salah satu produser yang menerima royalti dalam naungan Anugrah Royalti Musik Indonesia (Armindo) yang diselenggarakan di Grand Inna Tunjungan, Kecamatan Genteng, kemarin (10/1).

''Selama ini kan sebagai produser tidak dapat royalti dari lagu. Sekarang dapat,'' ujar Anny. Direktur Perdana Record itu mendapatkan royalti Rp 140 juta. Jumlah tersebut dihitung dari perputaran lagu yang diproduksi Anny selama enam bulan.

Dengan adanya royalti itu, dia merasa kinerja produser dihargai sepantasnya. Selain itu, apresiasi tersebut bisa menjadi motivasi agar dapat berkarya dengan baik lagi. Selain Anny, Ahmad Widianto, produser lainnya, merasa sangat senang.

Menurut dia, bukan jumlah uang yang diperoleh yang membuatnya bahagia. Lebih dari itu, hal tersebut merupakan apresiasi bagi produksi musik Indonesia. ''Tentu sangat berguna bagi kehidupan seniman seperti kami,'' jelasnya. Dengan begitu, dia sangat berharap industri musik di Indonesia semakin berkembang.

Sementara itu, Ketua Armindo Aji Sandi menjelaskan bahwa pembagian royalti kepada produser tersebut kali pertama diselenggarakan. Pembagian royalti itu merupakan apresiasi terhadap kinerja produser sejak pemberlakuan Undang-Undang (UU) Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Jumlah yang diterima setiap produser berbeda-beda. Bergantung beberapa faktor yang memengaruhi. Antara lain, jumlah lagu, jumlah kali diputar, dan tempatnya. Tempat lagu diputar bisa di mana saja. Antara lain, karaoke, bandara, radio, televisi, dan media lainnya. Penghitungan itu dilakukan secara saksama dengan aplikasi yang dimiliki Armindo. (bri/c15/ady/jpnn)


Menurut dia, bukan jumlah uang yang diperoleh yang membuatnya bahagia. Lebih dari itu, hal tersebut merupakan apresiasi bagi produksi musik Indonesia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News