Prof Ali Ghufron: Ada 3 Hal yang Harus Diubah Para Guru

Prof Ali Ghufron: Ada 3 Hal yang Harus Diubah Para Guru
Dirjen SDID Kemendikbud Prof Ali Ghufron Mukti. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi (SDID) Kemendikbud Prof Ali Ghufron Mukti memberikan beberapa catatan penting terkait kriteria guru di era revolusi industri 4.0.

Menurut dia, di era revolusi industri 4.0, guru harus punya karakter kuat. Karakter guru ini juga menjadi contoh bagaimana pengamalan Pancasila, bekerja keras mendapatkan kompetensi. Ini bisa dijadikan contoh bagi anak didik untuk tidak mudah menyerah.

Selanjutnya, kemampuan literasinya, bagaimana kompetensi pedagogik. Cara mengajarnya yang baik, sosial dan harus menguasai 4C (critical thinking, cooperative/collaborative, creative, communicatif).

"Ada tiga hal menurut saya yang harus diubah para guru. Pertama, mindset, lalu paradigmanya juga harus diubah. Kedua, kemanusiaannya, karena kalau kemanusiaan tidak dibangun bisa kalah sama robot. Karena semua ada di sana. Jadi yang tidak mungkin dimiliki robot dan tidak bisa digantikan adalah kemanusiaan. Maka kemanusiaan, cinta kasih, hargai sesama, simpati, empati harus dibangun di sekolah," tutur Ali Ghufron di sela-sela diskusi terbatas ahli PB PGRI di Gedung Guru, Jakarta, Senin (18/11).

Dia melanjutkan, yang ketiga guru harus punya 4C (critical thinking, cooperative/collaborative, creative, communicatif). Jadi perguruan tinggi hebat yang diajarkan creativity dan responsif akan perubahan. Perubahan revolusi industri, guru harus cepat merespon. Kemudian komunikasi dan kolaborasi.

"Bukan hanya kompetisi tetapi kerja sama. Bayangkan kalau sesama guru jadi ancaman karena saling kompetisi. Okelah, spiritnya untuk menjadi yang terbaik tetapi jangan lupakan kolaborasi juga. Kompetisi oke, kolaborasi yes," tegasnya.

Dia menambahkan, guru dan dosen harus merespons serta menguasai teknologi untuk antisipasi era revolusi industry 4.0. Jadi bukan mengganti guru dan dosen dengan teknologi. Namun menggunakan teknologi untuk pemerataan akses dan mutu pendidikan.

Ali Ghufron mengungkapkan, karakter, literasi, perubahan mindset, kemanusiaan, dan 4C sedang diperkuat Kemendikbud untuk menyiapkan guru era 4.0. Di samping menyiapkan regulasinya. Bagaimana sekolah memiliki suatu otonomi untuk anak didik.

Menurut Prof Ali Ghufron Mukti, para guru harus mengubah tiga hal untuk menyesuaikan diri dengan revolusi industri 4.0.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News