Prof Illah Sailah: Pintar Sia-sia jika Moralnya Jongkok

Prof Illah Sailah: Pintar Sia-sia jika Moralnya Jongkok
Ilustrasi mahasiswa wisuda. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Pesan moril disampaikan Rektor Universitas Tarumanagara Prof Dr Agustinus Purna Irawan di depan 1.400 wisudawan S1, S2, S3 dan profesi delapan fakultas serta pascasarjana.

Dia meminta, para lulusan harus mengembangkan nilai integritas, profesional, dan entrepreneurship. Ketiga nilai tersebut sangat diperlukan dalam memasuki dunia profesi yang penuh tantangan dan peluang.

"Belakangan ini makin banyak kepala daerah yang kena operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK. Saya minta, seluruh alumni untuk menghindari tindakan yang bisa merusak nama Untar," ujarnya pada wisuda ke-72 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Minggu (21/10).

Dia berharap para lulusan bisa berperan aktif pada bangsa dan negara. Di samping terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan di berbagai bidang. Sehingga tidak tertinggal dengan kemajuan teknologi dan peradaban di bidang yang ditekuni.

"Para alumni harus selalu peduli dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini terlebih di era digital. Kedepan moralitas. Selalu ingat, saat jadi pejabat negara, apakah tindakan yang diambil merugikan banyak orang atau tidak," tuturnya.

Senada itu Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Prof Illah Sailah meminta seluruh lulusan harus mengedepankan attitude. Modal pintar akan sia-sia bila moralnya jongkok.

"Saat ini makin banyak pekerja asing bekerja di Indonesia dan itu tidak bisa dihalangi karena era globalisasi. Namun, lulusan perguruan tinggi harus bersatu, jangan sampai NKRI dikoyak-koyak asing," tandasnya. (esy/jpnn)


Para lulusan Universitas Tarumanagara harus mengembangkan nilai integritas, profesional, dan entrepreneurship.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News