Prof Suteki: Guru Besar tetapi Kok Otaknya Kecil?

Prof Suteki: Guru Besar tetapi Kok Otaknya Kecil?
Guru besar FH Undip Prof Suteki dalam tangkapan layar YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Perdebatan antara Rocky Gerung dengan Henry Subiakto, Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) dalam sebuah stasiun televisi ikut dikomentari Prof Dr Pierre Suteki.

Guru besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro ini menilai sangat tidak etis bila dalam perdebatan yang disaksikan publik itu menyerang pribadi seseorang.

Apalagi sampai memamerkan kalau dirinya seorang profesor.

"Kenapa harus bawa-bawa jabatan profesor yang hanya berlaku di kampus. Enggak usah diomongin, semua sudah tahu kok anda itu profesor, guru besar di Universitas Airlangga. Yang dilihat itu bagaimana cara mendebat orang, menyanggah," kata Suteki dalam kanal Hersubeno yang diunggah di YouTube, Kamis (3/9).

Mestinya, kata Suteki, dalam debat yang diadu adalah sesama guru besar. Bila kemudian publik ternyata tidak melihat gelar guru besar itu, harusnya semuanya dilepaskan.

Tak perlu mengungkit soal jabatan fungsional di perguruan tinggi. Perdebatan difokuskan pada pemikirannya dan bukan menyerang pribadi.

"Saya melihat perdebatan Prof Henry dan Rocky Gerung dari awal sampai akhir. Saya lihat hampir keduanya itu masuk pada argumen ad hominem," ujarnya.

Dia menambahkan, mestinya dalam debat yang dikritisi adalah pemikirannya bukan pribadi karena jadinya tidak sehat. Ironisnya, perdebatan itu berlanjut ke medsos.

Guru besar FH Undip Prof Suteki mengkritisi sikap Staf Ahli Menkominfo Henry Subiakto dalam perdebatannya dengan Rocky Gerung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News