Prof Wiku Minta Setiap Orang Jujur, Kalau Terpapar COVID-19 Lapor kepada Pak RT

Prof Wiku Minta Setiap Orang Jujur, Kalau Terpapar COVID-19 Lapor kepada Pak RT
Prof Wiku Adisasmito. Foto: dok covid19goid

jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito meminta setiap orang jujur dan terbuka terhadap kondisi kesehatanya masing-masing.

Orang yang terpapar COVID-19, kata Wiku, sebaiknya melapor kepada ketua RT setempat. Selanjutnya pengurus RT yang menindaklanjuti laporan itu ke Puskesmas.

"Jangan khawatir jika petugas tracing datang untuk melacak kontak erat dan jangan takut di-swab, karena hal ini perlu dilakukan agar kasus positif ditangani dengan cepat dan tidak bertambah parah," kata Wiku dalam keterangan persnya, Selasa (29/6).

Selain itu, kata Wiku, setiap orang perlu mengikuti informasi pencegahan penularan COVID-19 yaitu dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan mengikuti vaksinasi.

"Pastikan informasi yang disampaikan terkonfirmasi kebenarannya dan bukan hoaks,” ujar eks dosen Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia itu.

Indonesia, kata Wiku, saat ini masuk gelombang kedua penularan virus SARS-Cov-2.

Sebab, pada pekan ini angka pertambahan mencapai 125.396 kasus.

Angka itu lebih tinggi daripada puncak pertambahan gelombang pertama yang terjadi pada Januari 2021 yaitu 89.902 kasus.

Koordinator Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito meminta setiap orang jujur dan terbuka terhadap kondisi kesehatan masing-masing.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News