Prof Zainuddin Menilai PPDB Zonasi Bisa Dilanjutkan dengan Perbaikan

Prof Zainuddin Menilai PPDB Zonasi Bisa Dilanjutkan dengan Perbaikan
Ilustrasi penerimaan peserta didik baru atau PPDB sistem zonasi. lustrasi Foto: Ricardo/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki menilai penerimaan peserta didik baru atau PPDB zonasi bisa tetap dilanjutkan dengan perbaikan.

Hal itu disampaikannya merespons adanya dorongan sejumlah pihak agar PPDB sistem zonasi dievaluasi oleh pemerintah.

"Lanjut dengan sosialisasi yang baik sehingga masyarakat memahami dasar PPDB," ucapnya kepada JPNN.com, Rabu malam (9/8).

Selain itu, mantan rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya itu meminta adanya pengawasan yang ketat dalam PPDB sistem zonasi.

"Juga lakukan pengawasan pelaksanaan di lapangan sehingga bisa dikurangi penyimpangan," kata legislator Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Sebelumnya, Prof Zainuddin juga sudah mendesak Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengawal kebijakan PPDB zonasi.

Dia menilai sistem zonasi dalam PPDB relatif bagus. Adapun soal kekacauan dalam pelaksanaannya di lapangan, terjadi karena lemahnya pengawasan.

"Mas Menteri Nadiem seharusnya mengamankan kebijakan sistem zonasi yang dibuat menteri pendahulunya, Prof Dr Muhadjir Effendy karena sistem ini relatif bagus," ujar Zainuddin Maliki pada Minggu (30/7) lalu.

Anggota Komisi X DPR Prof Zainuddin Maliki menilai PPDB zonasi bisa dilanjutkan dengan sosialisasi dan perbaikan pengawasan di lapangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News