Profesor Nasir Optimistis Mahasiswa UT Tembus 1 Juta

Profesor Nasir Optimistis Mahasiswa UT Tembus 1 Juta
Staf Khusus Wapres RI periode 2019-2024, Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, Ak., M.Si., Ph.D. bersama Rektor UT Prof. Ojat Darojat. Foto mesya/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Wapres RI periode 2019-2024, Prof. Drs. H. Mohamad Nasir, Ak., M.Si., Ph.D., optimistis mahasiswa Universitas Terbuka (UT) tembus 1 juta orang.

Jumlah tersebut akan mudah dicapai ketika UT sudah beralih status menjadi perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH).

Prof. Nasir saat menjabat Menteri Riset Teknologi Pendidikan Tinggi RI pada Kabinet Kerja (2014—2019) memberikan tantangan kepada UT untuk mencapai 1 juta mahasiswa.

Menjawab tantangan tersebut, UT pun gencar berbenah dan melakukan berbagai upaya. Salah satu ikhtiar yang dilakukan adalah bertransformasi menjadi PTN-BH.

"Profesor Nasir memberkan kesempatan lebih besar kepada UT untuk menjadi PTN -BH, padahal masih banyak PTN yang usianya lebih tua dari UT," kata Rektor UT Prof. Ojat Darojat di sela-sela Focus Grup Discussion (FDG) dengan tema Transformasi UT Menuju PTN-BH secara hybrid, Jumat (11/3).

Prof. Ojat memaparkan Mendikbudristek Nadiem Makarim telah menyetujui UT menjadi PTN-BH melalui surat nomor 0835/E.E3/KB.00/2021 tertanggal 7 Desember 2021.

Perubahan menjadi PTN-BH akan menjadikan UT makin otonom khususnya di bidang akademik, keuangan, SDM dan pengelolaan aset.

Oleh karena itu, harus diakukan upaya-upaya strategis agar langkah UT menjadi PTN-BH makin mantap dan seluruh pegawai UT, baik yang ada di pusat maupun daerah memiliki visi yang sama. 

Staf Khusus Wapres RI Profesor Nasir optimistis mahasiswa UT bisa tembus 1 juta orang ketika sudah menjadi PTN -BH

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News