JPNN.com

Profil Arifin Tasrif: Urang Awak Dulu Dubes Jepang, Kini Menteri ESDM

Rabu, 23 Oktober 2019 – 19:39 WIB Profil Arifin Tasrif: Urang Awak Dulu Dubes Jepang, Kini Menteri ESDM - JPNN.com
Menteri ESDM Arifin Tasrif. Foto : Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Profil Arifin TasrifMenteri ESDM yang dipilih dan dilantik Presiden Joko Widodo hari ini. Arifin Tasrif menjadi Menteri ESDM menggantikan pendahulunya, Ignasius Jonan di Kabinet Indonesia Maju.

Arifin mungkin sebelumnya tidak pernah bermimpi menjadi Menteri ESDM dan bekerja di lingkungan istana.

Memiliki cita-cita merupakan banyak hal yang ditanamkan kepada anak-anak ketika masa bermainnya. Tidak jarang cita-cita tersebut dipengaruhi oleh orang terdekat di lingkungannya.

Sejak kecil dia m bermimpi menjadi pilot karena sering diajak naik pesawat oleh orang tuanya waktu kecil sehingga terbesit di benaknya bahwa suatu saat ingin menerbangkan sendiri pesawatnya.

Namun, seiring berjalannya waktu, Arifin justru menyukai dunia pertanian, hingga dia akhirnya menjadi pekerja profesional di bidang tersebut.

Lahir pada 66 tahun silam, tepatnya 19 Juni 1953, Tasrif menyelesaikan pendidikan sarjananya di ITB (Institut Teknologi Bandung) jurusan Teknik Kimia pada 1972.

Dia juga pernah menorehkan prestasi penghargaan internasional pada tahun 2011. Putra asli Minangkabau tersebut, meraih Honorary Fellowship Award dari AFEO (ASEAN Federation of Engineering Organization), atas kontribusinya dalam dunia keprofesian sebagai insinyur di Indonesia dan regional ASEAN.

Nama Arifin Tasrif semakin meroket ketika menjadi Direktur Utama di Pupuk Indonesia. Sebelum duduk di jabatan tersebut, dia lebih dulu menjabat sebagai Direktur Utama PT Pupuk Sriwijaya dan Dirut Petrokimia Gresik.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia