Profil Hasyim Asyari, Pria Kelahiran Pati yang Terpilih Lagi Jadi Anggota KPU

Profil Hasyim Asyari, Pria Kelahiran Pati yang Terpilih Lagi Jadi Anggota KPU
Komisioner KPU Hasyim Asyari. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisi II DPR RI menetapkan Hasyim Asyari sebagai Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) terpilih untuk masa bakti 2022-2027.

Hasyim Asyari terpilih setelah menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan calon anggota KPU - Bawaslu di DPR pada Rabu (16/2).

Selain Hasyim, nama calon anggota KPU masa bakti 2022-2027 yaitu Betty Epsilon Idrus, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, dan August Mellaz.

Kemudian seperti apa profil Hasyim Asyari sebelum ditetapkan sebagai anggota KPU terpilih?

Hasyim tercatat kelahiran Pati, Jawa Tengah, 3 Maret 1973. Pria yang juga dosen di Universitas Diponegoro (Undip) itu beristri satu dan memiliki lima anak.

Sederet pengalaman di bidang kepemiluan pernah dijalani Hasyim. Antara lain sebagai Sekretaris Presidium Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) pada Pemilu 1999, di Kabupaten Kudus.

Alumnus Pondok Pesantren  Al-Hidayah, Purwokerto itu pernah menjabat pula sebagai anggota KPUD Jateng periode 2003-2008.

Hasyim yang lulus S1 di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), tercatat pernah bertugas sebagai sekretaris tim seleksi calon Anggota Bawaslu Jateng untuk Pemilu 2014 pada September 2012.

Inilah profil Hasyim Asyari, Anggota KPU terpilih periode 2022-2027 yang tidak asing dengan dunia jurnalistik. Dirinya pernah menjadi pemimpin redaksi Projustitia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News