Profil Laksda TNI Heru Kusmanto, Eks Ajudan Wapres RI Jadi Panglima Koarmada RI

Profil Laksda TNI Heru Kusmanto, Eks Ajudan Wapres RI Jadi Panglima Koarmada RI
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) dari Laksmana Madya (Laksdya) TNI Abdul Arsyad kepada Laksamana Muda (Laksda) TNI Heru Kusmanto di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (27/9). Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memimpin upacara serah terima jabatan Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) dari Laksmana Madya (Laksdya) TNI Abdul Arsyad kepada Laksamana Muda (Laksda) TNI Heru Kusmanto di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (27/9).

Laksda TNI Heru Kusmanto sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran Umum Panglima TNI, sementara Laksdya TNI Abdul Rasyid pada bulan ini memasuki purnatugas.

Rangkaian kegiatan serah terima jabatan ini Pangkoarmada RI diawali dengan kegiatan Exit Briefing oleh Pangkoarmada RI lama pada hari Jumat (23/9) lalu.

Kemudian pada hari Senin (26/9) dilaksanakan penyerahan memorandum dari pejabat lama kepada pejabat baru dan siang harinya dilanjutkn dengan Admiral Inspection dengan menggunakan KAL Yudhistira di sekitar perairan Dermaga Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara.

Profil Laksda TNI Heru Kusmanto, Eks Ajudan Wapres RI Jadi Panglima Koarmada RI

Peserta upacara saat KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memimpin serah terima jabatan Panglima Komando Armada RI (Pangkoarmada RI) dari Laksmana Madya (Laksdya) TNI Abdul Arsyad kepada Laksamana Muda (Laksda) TNI Heru Kusmanto di Lapangan Arafuru Koarmada I, Jakarta Pusat, Selasa (27/9). Foto: Friederich Batari/JPNN.com

Koormada RI TNI AL adalah Komando Utama Operasi  di tingkat Mabes TNI yang berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI dan sebagai Komando Utama Pembinaan di tingkat Mabesal yang berkedudukan langsung di bawah KSAL.

Kepala Dinas Penerangan Koarmada RI Kolonel Heddy Sakti dalam keterangan tertulisnya, mengatakan Koarmada RI dalam melaksanakan tugasnya sebagai Komando Utama Operasi (Kotama Ops) menyelenggarakan operasi pertahanan keamanan matra laut sesuai dengan kebijakan Panglima TNI dan sebagai Kotama Pembinaan, Koarmada RI membina kesiapan operasional atas segenap jajaran komandonya yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada KSAL.

KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memimpin upacara Sertijab Pangkoarmada RI dari Laksdya TNI Abdul Arsyad kepada Laksda TNI Heru Kusmanto.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News