JPNN.com

Profil Letjen TNI Ganip Warsito, Kasum TNI Berpengalaman di Bidang Infanteri

Kamis, 28 Januari 2021 – 11:35 WIB
Profil Letjen TNI Ganip Warsito, Kasum TNI Berpengalaman di Bidang Infanteri - JPNN.com
Letjen TNI Ganip Warsito (tengah). Foto: Dok. TNI AU

jpnn.com, JAKARTA - Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito resmi menjabat Kepala Staf Umum TNI atau Kasum TNI pada 26 Januari 2021. Sebelumnya, Lulusan Akmil 1986 ini menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogawilhan) III.

Jabatan baru jenderal bintang 3 ini berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/80/I/2021 tanggal 26 Januari 2021 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah, 23 November 1963 ini memiliki segudang pengalaman di bidang infanteri. Di antaranya Danton Kipan D Yonif 527/Baladibya Yudha, Danton 2 Kipan B Yonif 527/Baladibya Yudha, Kasi 2/Ops Yonif 527/Baladibya Yudha, Dankima Yonif 527/Baladibya Yudha, dan Dankima Yonif 516/Caraka Yudha.

Selanjutnya, Pamen Pussenif (Dik Seskoad), Dandim 1605/Belu (2003—2005), Danbrigif 7/Rimba Raya (2009—2010) hingga menjadi Kasum TNI. Profil lengkap termasuk riwayat pendidikan, riwayat jabatan serta tanda jasa dan brevet yang diterima Letjen Ganip dapat dilihat di bawah ini.

Untuk diketahui, Infanteri merupakan pasukan tempur darat utama yaitu pasukan pejalan kaki yang dilengkapi persenjataan ringan, dilatih dan disiapkan untuk melaksanakan pertempuran jarak dekat.

Infanteri berasal dari kata infant yang berarti kaki, biasanya untuk menggambarkan para tentara muda yang berjalan kaki di sekeliling para kesatria yang menunggang kuda atau kereta. Oleh karena itu, seorang infanteri harus memiliki kemampuan berkelahi, menembak, dan bertempur dalam segala medan dan cuaca.

Pasukan infanteri modern dapat diangkut ke daerah pertempuran dengan pesawat terbang, kapal/perahu, truk, kendaraan lapis baja, atau helikopter.

Secara etimologi, kata infanteri berasal dari bahasa Inggris infantry yang berasal dari bahasa Prancis Pertengahan infanterie yang juga berasal dari bahasa Italia Tua. Kata infanterie sendiri kemungkinan berasal dari bahasa Spanyol Infanteria dari kata infante. Kata infante memiliki akar bahasa latin infans yang berarti anak-anak.(fri/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...