JPNN.com

Profil Singkat Nadiem Makarim, Bos GoJek Si Calon Menteri di Kabinet Jokowi

Senin, 21 Oktober 2019 – 15:05 WIB Profil Singkat Nadiem Makarim, Bos GoJek Si Calon Menteri di Kabinet Jokowi - JPNN.com
CALON MENTERI: Bos GoJek Nadiem Makarim di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Founder GoJek Nadiem Makarim merupakan salah satu figur yang akan menjadi menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). CEO GoJek itu telah menghadap Presiden Jokowi untuk membicarakan posisinya di kabinet mendatang.

Nama Nadiem melambung seiring maraknya bisnis online dan transportasi berbasis aplikasi. Anak pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadrie itu lahir di Singapura pada 4 Juli 1984.

Nono merupakan pengacara, sedangkan Atika berprofesi sebagai penulis lepas. Ibunda Nadiem merupakan putri dari Hamid Algadri, salah satu perintis kemerdekaan Indonesia.

Nadiem menikah dengan Franka Franklin pada 2014 lalu. Saat ini Nadiem telah punya satu momongan bernama Solara Franklin Makarim.

Saat SMA, Nadiem berpindah sekolah dari Jakarta ke Singapura.  Setelah menyelesaikan SLTA di Singapura, Nadiem melanjutkan kuliah di jurusan hubungan internasional di Brown University, Amerika Serikat pada 2002.

Setelah lulus pada 2006, Nadiem melanjutkan S2 di Harvard Business School hingga memperoleh gelar MBA. Setelah memperoleh gelar MBA, Nadiem kembali ke Indonesia dan memulai karier sebagai konsultan manajemen di McKinsey & Company pada 2006 hingga 2009.

Pada 2011, Nadiem menjadi co-founder dan managing director Zalora Indonesia. Namun, hanya setahun di Zalora, Nadiem pada 2012 membangun startup sendiri termasuk GoJek. 

Selain GoJek, Nadiem juga mengembangkan Kartuku. GoJek akhirnya mengakuisisi Kartuku untuk memperkuat pembayaran dengan sistem GoPay.(boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...