Profil Siti Nurbaya Bakar: Menteri LHK, Tokoh Betawi Asli yang Suka Membaca Tulisan Said bin Tsabit

Profil Siti Nurbaya Bakar: Menteri LHK, Tokoh Betawi Asli yang Suka Membaca Tulisan Said bin Tsabit
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar dan Menhan Prabowo Subianto. Foto : Instagram Siti Nurbaya

jpnn.com, JAKARTA - Profil Siti Nurbaya Bakar yang dipilih kembali oleh Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Kabinet Indonesia Maju.

Nama Siti Nurbaya sebelum menjadi menteri sudah merasakan asam garam di birokrasi maupun dunia politik tanah air.

Bahkan sejak kecil semasa masih duduk di bangku SD Muhammadiyah III, perempuan kelahiran Jakarta pada 28 Agustus 1956 itu sudah  berkenalan dengan birokrasi dan ilmu administrasi.

Dia mempelajari itu melalui tulisan-tulisan Said bin Tsabit, penulis kodifikasi Alquran pada era pemerintahan Ustman bin Affan [644-656 Masehi].

Sosok sejarah Islam yang dijuluki Pena Allah atau Sekretaris Nabi itu membuat si gadis kecil Siti Nurbaya bermimpi untuk mengikuti jejaknya.

Mulai saat itu Siti Nurbaya yang berdarah Betawi asli tersebut terus mengasah kemampuannya sejak remaja dengan aktif di berbagai organisasi.

Siti Nurbaya adalah lulusan SMP Negeri 50 Slamet Riyadi, Jakarta dan SMA Negeri 8 Bukit Duri, Jakarta. Kemudian dia melanjutkan kuliah di Institut Pertanian Bogor alias IPB.

Keinginannya menjadi birokrat dimulai lewat jenjang kariernya sebagai pegawai negeri sipil dengan tugas sebagai penata muda di Pemerintah Provinsi Lampung pada 1979.

Profil Siti Nurbaya Bakar yang dipilih sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) lagi oleh Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News