Profil Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan yang Hari Ini Dilantik Presiden

Profil Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan yang Hari Ini Dilantik Presiden
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menjadi salah satu yang mengisi posisi Menteri Perdagangan pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju. Ilustrasi Foto/dok: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan yang mengisi posisi Menteri Perdagangan pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju kali ini.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu akan menduduki posisi Menteri Perdagangan untuk menggantikan Muhammad Lutfi.

Zulkifli Hasan lahir di Lampung, 13 Agustus 1962 dan memiliki istri bernama Soraya, pernikahan itu menghasilkan empat anak, yakni bernama Futri, Zulya Savitri, Zita Anjani, Ray Zulham, Farras Nugraha, dan M. Rafi Haikal.

Pria berusia 60 tahun itu menyelesaikan pendidikan pogram sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi pada 1996.

Kemudian mengambil program pasca sarjana di Sekolah Tinggi Manajemen PPM dan mendapat gelar Magister Manajemen pada 2003.

Di awal masa jabatannya sebagai Ketua MPR RI dia mengemban tugas menyelenggarakan pelantikan presiden-wakil presiden untuk masa pemerintahan 2014–2019 di tengah situasi politik yang penuh ketegangan.

Dalam perjalanan karirnya, Zulhas ternyata bukan orang baru di kabinet.

Pada era Susilo Bambang Yudhoyono, kariernya makin cemerlang setelah ditunjuk sebagai Menteri Kehutanan (Menhut) periode 2009-2014.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menjadi salah satu yang mengisi posisi Menteri Perdagangan pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News