Program CSA Terbukti Tingkatkan Produktivitas, Wakil Bupati Purworejo Apresiasi Kementan

Program CSA Terbukti Tingkatkan Produktivitas, Wakil Bupati Purworejo Apresiasi Kementan
Acara Farmer Field Day (FFD) Scalling Up teknologi CSA atau Hari Temu Lapang Petani di Desa Tegalrejo, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Rabu (30/8). Foto: Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus menyiapkan langkah-langkah strategis dalam menghadapi El Nino, di antaranya dengan mempersiapkan berbagai upaya antisipasi adaptasi dan mitigasi di sektor pertanian yang siap dilaksanakan setiap daerah.

Kementan juga terus mendorong dan membantu petani dalam meningkatkan produktivitas sektor pertanian sebagai upaya memenuhi kebutuhan pangan.

Program Climate Change Agriculture (CSA) Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) menjadi salah satu jawaban terhadap perubahan iklim, terutama kondisi El Nino yang terjadi saat ini.

Karena itu, petani harus melanjutkan teknologi yang diterapkan, meski program tersebut akan berakhir pada 2024 mendatang.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan saat ini tantangan pembangunan pertanian sangatlah besar.

Selain adanya perubahan iklim atau climate change, juga terjadi degradasi lahan, sarana produksi terbatas, khusus pupuk kimia kian mahal, produksi juga tidak efisien dengan penurunan produktivitas lahan.

“Karena itu, sekarang ini kita tidak bisa lagi dengan cara lama, tetapi, harus sudah menggunakan cara baru dalam meningkatkan produksi pangan. Dengan jumlah penduduk kita mencapai 280 juta jiwa, hadirnya pertanian yang makin maju, makin modern dan mandiri akan sangat berarti. Karena penduduk Indonesia sangat besar,” ujar Mentan Syahrul.

Syahrul juga memastikan jika kebutuhan beras dalam menghadapi cuaca buruk El Nino dalam kondisi aman.

Program CSA SIMURP menjadi salah satu jawaban terhadap perubahan iklim, terutama kondisi El Nino yang terjadi saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News