Program Quick Win jadi Akselerator Pengembangan Destinasi Prioritas Toba

Program Quick Win jadi Akselerator Pengembangan Destinasi Prioritas Toba
Kawasan Danau Toba. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mencanangkan program percepatan pembangunan destinasi pariwisata superprioritas yang menyasar lima destinasi, yaitu kawasan Danau Toba, Borobudur, Manado, Mandalika dan Labuan Bajo.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman yang mengoordinasi sektor pariwisata, langsung merespons cepat dengan membentuk tim berorientasi 'Quick Win' untuk mengakselerasi pengembangan potensi berbagai destinasi tersebut. Tim ini bekerja pararel mendukung Badan Otorita Pariwisata yang sudah lebih dahulu ada di sejumlah destinasi tersebut.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, Presiden Jokowi menginginkan wisatawan yang sudah berkunjung ke destinasi tersebut terkesan dan menyampaikan kesan baik ini kepada banyak orang.

“Harus bergerak cepat, karena pariwisata ini terbukti paling cepat dalam menghasilkan devisa untuk negara. Karena itulah program Quick win ini menjadi sangat strategis dalam menggenjot jumlah kunjungan wisman di Indonesia,” ujar Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

Menko Kemaritiman pun menunjuk anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Irfan Wahid sebagai koordinator yang akan memimpin program quick win pengembangan potensi destinasi wisata ini.

Program Quick Win jadi Akselerator Pengembangan Destinasi Prioritas Toba
Foto: Istimewa

Program quick win tersebut berfokus pada optimasi destinasi wisata yang sudah ada maupun belum tergali dengan maksimal di lima destinasi di atas dengan memanfaatkan pendekatan “storynomics tourism” yang dicetuskan Irfan Wahid.

Irfan Wahid mengatakan, gerak cepat telah dilakukan. Program ini melibatkan kolaborasi lintas kementerian/lembaga terkait, pemda sekitar kawasan Toba, serta peran komunitas lokal dalam hal ini BUMDes dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) untuk mengelola destinasi wisata.

Sejumlah destinasi keren di Toba bakal dikunjungi Jokowi, seperti Geosite Sipinsur, Desa Bakkara, The Kaldera, dan Pantai Indah Situngkir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News