Program Warung Sikumbang PNM Hasilkan Nilai Tambah Ekonomi

Program Warung Sikumbang PNM Hasilkan Nilai Tambah Ekonomi
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) merealisasikan komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui program Warung Sikumbang. Foto: dok PNM

jpnn.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) merealisasikan komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui program Warung Sikumbang.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi mengatakan bahwa TJSL menunjukkan hasil yang gemilang.

Menggandeng Seasoldier Foundation, PNM melakukan edukasi dan penimbangan sampah untuk menghasilkan nilai ekonomi kepada komunitas pedagang di Kawasan Taman Kuningan Mulia, sekitar lokasi Kantor Pusat PNM.

Program tersebut telah berjalan selama satu tahun sejak periode pertama 7 Juli 2022 – 4 November 2022 dan periode kedua pada 13 Februari – 11 Agustus 2023. Di mana pada Desember 2022 – Januari 2023 dilakukan evaluasi sebelum perpanjangan program Warung Sikumbang.

Selain menanamkan pemahaman pentingnya menjaga lingkungan, para pedagang dan pengelola warung juga diedukasi tentang nilai ekonomis sampah. Arief berharap konsistensi para pelaku usaha dalam mengelola sampahnya terus berjalan.

“Makin banyak pedagang yang mau memulai mengelola sampah tentu pemasukan secara ekonomi mereka juga bertambah, selain berkontribusi untuk emisi karbon. Hal baik ini lah yang perlu ditularkan kepada pedagang dan pengelola warung lainnya,” papar Arief.

PNM menyediakan material pendukung berupa tempat sampah organik dan anorganik, buku rekening bank sampah, lubang percontohan untuk praktek pengolahan sampah organik dengan metode biopori dan reward kepada pemilik warung yang telah aktif memilah sampah.

Arief memaparkan total 50 warung yang beroperasi di Taman Kuningan Mulia, sebanyak 21 pemilik warung telah aktif berpartisipasi memilah sampah dan melakukan penimbangan.

PT Permodalan Nasional Madani (PNM) merealisasikan komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) melalui program Warung Sikumbang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News