Progres RDMP Balikpapan: Peralatan Alkylation Reactor Sukses Dipasang

Progres RDMP Balikpapan: Peralatan Alkylation Reactor Sukses Dipasang
PT Kilang Pertamina Balikpapan (PT KPB) RDMP Balikpapan. Foto: Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Pertamina terus menjalankan komitmen untuk menyelesaikan proyek-proyek strategis nasional yang diamanahkan pemerintah.

Melalui anak usaha subholding Refining & Petrochemical, yakni PT Kilang Pertamina Balikpapan (PT KPB) RDMP Balikpapan saat ini terus mencapai progres untuk pembangunan unit-unit penting bagian dari kilang.

Salah satu unit yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan adalah Unit Alkilasi proyek RDMP Balikpapan.

Alkylation Reactor (C-065-03) merupakan salah satu equipment penting dalam Unit Alkilasi yang memiliki fungsi utama untuk menghasilkan produk alkylate yang merupakan high-octane blending component.

Alkylate ini nantinya akan menjadi salah satu input dari proses Gasoline Blending untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi.

PT KPB telah sukses melakukan lifting Alkylation Reactor Equipment pada Sabtu (21/8) siang.

Equipment yang diproduksi oleh PT Sewon Cellontech Co Ltd, Korea ini memiliki tinggi sekitar 49,65 meter, diameter luar sekitar 10 meter, dan berat sekitar 418,07 Ton.

"Dengan dimensi ukuran dan berat peralatan yang cukup besar maka untuk melakukan lifting digunakan crane berkapasitas 1.600 ton," tulis keterangan resmi Pertamina yang diterima di Jakarta, Rabu (25/8).

Subholding Refining & Petrochemical, yakni PT Kilang Pertamina Balikpapan (PT KPB) RDMP Balikpapan saat ini terus mencapai progres untuk pembangunan unit-unit penting bagian dari kilang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News