Prospek Bisnis Wisata Kapal Pesiar Indonesia Makin Cerah

Prospek Bisnis Wisata Kapal Pesiar Indonesia Makin Cerah
Kapal Cruise.

jpnn.com, JAKARTA - Komitmen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dalam mendukung sektor pariwisata nasional semakin terlihat.

Hal ini ditunjukkan dengan tingginya arus kunjungan kapal pesiar ke pelabuhan-pelabuhan kelolaan Pelindo III sepanjang semester pertama 2017, yakni sebanyak 70 kunjungan.

“Jumlah ini meningkat 34 persen dibandingkan capaian tahun lalu di periode yang sama,” kata Widyaswendra, VP Corporate Communication Pelindo III.

Meski begitu, jumlah penumpang kapal pesiar justru mengalami penurunan 12 persen secara year-on-year, yakni berjumlah 49.345 orang dibanding 2016 yang mampu mencapai 55.803 orang.

Kondisi ini disebabkan oleh semakin populernya kapal pesiar dari kelas small ship mengunjungi pelabuhan-pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III dengan kapasitas penumpang berkisar 251-750 orang.

Dari 70 kunjungan, dominasi kapal pesiar berukuran kecil ini mencapai 44 persen atau sebanyak 31 kunjungan. Berbeda dengan tahun lalu, di mana kelas small ship hanya mencatatkan kunjungan sebanyak tujuh call atau 15 persen saja.

“Pada 2016, kunjungan cruise didominasi oleh kapal dari kelas mid-size ship (kapasitas 751-2500 orang),” ujar Widyaswendra.

Jumlahnya mencapai 34 call atau 74 persen dari total kunjungan cruise ke pelabuhan-pelabuhan kelolaan Pelindo III sepanjang 2016 yakni 46 kunjungan.(chi/jpnn)

Komitmen PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dalam mendukung sektor pariwisata nasional semakin terlihat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News