Protes Pelecehan Seksual, BEM Segel Pintu Rektorat UTU Meulaboh

Protes Pelecehan Seksual, BEM Segel Pintu Rektorat UTU Meulaboh
Sejumlah mahasiswa menyegel pintu masuk Ruang Rektorat Universitas Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat, terkait penuntasan kasus dugaan pelecehan seksual terhadap mahasiswi yang terjadi di perguruan tinggi setempat. Hingga Jumat (20/5/2022) sore aksi penyegelan masih terus berlangsung. ANTARA/HO

jpnn.com, MEULABOH - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) menyegel pintu masuk ruang Rektorat Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat.

Koordinator aksi, Irvan mengatakan kalangan mahasiswa terpaksa melakukan penyegelan gedung rektorat karena saat aksi unjuk rasa berlangsung tidak ada satu pun pihak yang berwenang untuk menjumpai mereka.

"Aksi ini kami lakukan sebagai bentuk protes dan penolakan terhadap pelecehan seksual yang terjadi di Universitas Teuku Umar," kata Irvan, Jumat.

Dalam aksinya, mahasiswa juga mendesak pihak rektorat untuk menyegerakan pembentukan satgas pelecehan seksual, agar kasus pelecehan seksual yang terjadi di perguruan tinggi negeri setempat tidak lagi terjadi.

Irvan mengatakan mahasiswa juga mendesak kepada pimpinan perguruan tinggi negeri setempat, agar memberikan hak dan jaminan kepada korban pelecehan seksual, termasuk menghentikan segala bentuk intimidasi dan intervensi terhadap korban pelecehan seksual di kalangan mahasiswi.

Para peserta unjuk rasa juga meminta Rektor Universitas Teuku Umar Meulaboh memecat oknum pelaku pelecehan seksual terhadap mahasiswi dan memberikan sanksi kepada civitas akademika yang melakukan pelecehan verbal maupun nonverbal terhadap mahasiswa/i.

Meski sudah menyampaikan aspirasi di depan Ruang Rektorat, kata Irvan, Rektor dan Wakil Rektor tidak menemui mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa.

Karena tidak ada tanggapan, mahasiswa peserta aksi kemudian mengambil tindakan penyegelan gedung rektorat, dan menyatakan aksi penyegelan pintu rektorat akan dibuka sampai dengan tuntutan mereka direalisasikan pihak kampus.

BEM menyegel pintu masuk ruang Rektorat Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh buntut dari pelecehan seksual yang terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News