JPNN.com

Provinsi Sulut Mendorong Upaya Kementan Dalam Meningkatkan Produksi Pangan

Sabtu, 18 Juli 2020 – 13:53 WIB
Provinsi Sulut Mendorong Upaya Kementan Dalam Meningkatkan Produksi Pangan - JPNN.com
Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Kepala KSP Moeldoko memantau ketersediaan pangan pokok khususnya stok pangan di setiap provinsi melalui video conference dengan kepala dinas di tiap provinsi. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, SULAWESI UTARA - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey bekerja keras meningkatkan produksi atau ketersediaan beras sehingga Provinsi Sulut swasembada walaupun pada 2020 ini dihadapkan pandemi covid 19.

Salah satu terobosannya yakni mendorong masyarakat petani memanfaatkan lahan kering untuk menanam padi ladang.

Olly mengatakan pemerintah Provinsi Sulut sangat serius mengoptimalkan lahan tersebut dengan secara nyata menjalankan gerakan tanam padi ladang.

Menurutnya, program ini tidak hanya untuk mewujudkan swasembada beras namun sekaligus sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan atau mengurai kemiskinan.

"Ini merupakan salah program operasi daerah selesaikan kemiskinan (OD-SK) di sektor pertanian. Gerakan ini dilakukan untuk memotivasi petani meningkatkan produksi padi ladang dalam rangka mendukung pemantapan swasembada beras di Sulut serta mendorong peningkatan pendapatan petani di era pandemi Covid-19," kata Gubernur Olly didampingi Ketua TP-PKK Sulut Rita Dondokambey Tamuntuan saat melakukan gerakan tanam padi ladang di Desa Pinaesaan, Kecamatan Tompaso Barat, Kabupaten Minahasa, Jumat kemarin (17/7).

Pada gerakan tanam tersebut, Olly sekaligus memberikan bantuan bibit kepada para petani agar mempercepat dan memperluas penanaman padi ladang. Langkah ini sangat baik dilakukan demi menjaga ketahanan pangan di Sulut ditengah Pandemi Covid-19.

"Padi ladang ini juga meningkatkan sektor perekonomian di Sulut. Saat ini bantuan bibit padi ladang sudah disalurkan ke Dinas Pertanian Kabupaten/Kota lewat Dinas Pertaniam Sulut," tuturnya.

Oleh karena itu, Olly secara tegas mengajak masyarakat bumi nyiur melambai Sulawesi Utara untuk memanfaatkan lahan dengan menanam padi ladang di masa pandemi covid 19 ini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy