JPNN.com

Proyek RDMP Balongan Beri Manfaat Besar bagi Perekonomian Nasional

Kamis, 03 Desember 2020 – 21:33 WIB
Proyek RDMP Balongan Beri Manfaat Besar bagi Perekonomian Nasional - JPNN.com
Anggota Komisi VI DPR RI, I Nyoman Parta bersalaman dengan Menteri BUMN Erick Thohir usai Rapat Kerja di Ruang Rapat Komisi VI DPR, Kamis (20/2). Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, CIREBON - Proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balongan memberi manfaat besar bagi perekonomian nasional.

Antara lain, bisa menghemat cadangan devisa negara dari pengurangan impor gasoline dan petrokimia.

Penilaian itu disampaikan Anggota Komisi VI DPR, I Nyoman Parta berdasarkan hasil kunjungan kerja spesifik ke Cirebon pekan lalu.

“Kita saat ini masih tergantung dengan bahan baku petrokimia. Kebanyakan kan impor. Jadi ketika proyek ini selesai, diharapkan bisa mengurangi impor,” ujar Nyoman Parta, Kamis (3/11).

RDMP Balongan juga harus memfokuskan diri pada produk Petrokimia. Karena itu kata dia sangat besar manfaatnya untuk pupuk.

"Jadi selanjutnya memang harus ke sana arahnya, ke petrokimia,” serunya.

Itu sebabnya Nyoman Parta berharap, agar Pertamina bisa menyelesaikan proyek ini tepat waktu. Apalagi saat kunjungan kerja, Nyoman Parta juga melihat perkembangan Fase Pertama proyek memang sesuai dengan perencanaan.

Berdasarkan data Pertamina, misalnya, untuk fase pertama ini, pelaksanaan Engineering Procurement dan Construction (EPC) akan dimulai pada tahun depan.  Selanjutnya, pada 2022, juga direncanakan pelaksanaan commissioning and start up.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...