Prukades Sukses Turunkan Kemiskinan di Kabupaten Gorontalo

Prukades Sukses Turunkan Kemiskinan di Kabupaten Gorontalo
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo saat berkunjung ke Gorontalo. Foto: Ist

jpnn.com, GORONTALO - Pemerintah Pusat akan terus mendorong potensi yang ada di pedesaan untuk semakin berkembang. Salah satunya di Kabupaten Gorontalo yang memiliki produk unggulan jagung dan kelapa.

Hal itu disampaikan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo usai mengikuti rapat terbatas dengan sejumlah bupati di Gorontalo pada Sabtu (5/5).

Menurutnya, Kabupaten Gorontalo salah satu daerah yang telah menjalankan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) dengan cukup berhasil.

Terdapat dua komoditi yang di fokuskan di Gorontalo yakni Jagung dan kelapa. Untuk jagung telah ditanami dengan luasan 56 ribu hektar yang pada 2017 sudah memproduksi 500 ribu ton.

"Jadi kalau rata-rata Rp 3 ribu per ton. Maka, bisa menghasilkan Rp 1,5 triliun dari jagung. Belum lagi kelapa yang juga sudah mulai di ekspor ke beberapa negara," katanya.

Eko menambahkan bahwa berjalannya program Prukades di Kabupaten Gorontalo telah menunjukkan keberhasilan. Angka kemiskinan di wilayah tersebut turun sebesar 2 persen dari 22 menjadi 20 persen.

"Program Prukades ini cepat dalam menurunkan kemiskinan, kalau rata-rata kemiskinan di desa masih diatas 10 persen secara nasional. Di Gorontalo dengan dana desa dan Prukades bisa menurunkan kemiskinannya turun 2 persen. Kalau konsisten 2 persen tiap tahunnya, mungkin 5 tahun lagi angka kemiskinan di Gorontalo akan kecil," katanya.

Model Prukades, kata Eko, akan mendatangkan dunia usaha ke desa karena desa telah memiliki skala ekonomi yang besar. Selain itu juga akan menciptakan lapangan pekerjaan karena terbangunnya industri produksi di desa.

Menteri Eko Putro Sandjodjo mengklaim bahwa program Prukades kementeriannya sukses menurunkan kemiskinan di Kabupaten Gorontalo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News