PSG Mengamuk, Neymar 3, Mbappe 2

PSG Mengamuk, Neymar 3, Mbappe 2
Skuad Paris Saint-Germain merayakan gol ke gawang Istanbul Basaksehir. Foto: ANTARA/REUTERS/Charles Platiau

jpnn.com, PARIS - Paris Saint-Germain menjadi kampiun Grup H Liga Champions seusai menghajar Istanbul Basaksehir dengan skor 5-1 dalam laga pemungkas kedua tim di Stadion Parc des Princes, Paris, Kamis (10/12) dini hari WIB.

Hasil itu membuat PSG, yang sudah lolos ke babak 16 besar berkat kemenangan RB Leipzig atas Manchester United kemarin, mengambil alih posisi puncak dari tangan Leipzig.

Pasalnya, meskipun sama-sama mengoleksi 12 poin, PSG punya keunggulan agresivitas gol tandang atas Leipzig dalam catatan head-to-head.

Pertandingan PSG vs Basaksehir sebetulnya sudah digelar sejak kemarin tetapi dihentikan pada menit ke-14 menyusul dugaan tindakan rasial oleh ofisial keempat pertandingan terhadap salah seorang staf pelatih Basaksehir, yang berujung aksi walk-out para pemain kedua tim dan pertandingan dilanjutkan hampir sehari kemudian dengan pergantian jajaran ofisial.

Kedua tim memperlihatkan kesatuan mereka menyuarakan pesan antirasisme jelang sepak lanjut, tetapi hasil pertandingan memperlihatkan dominasi yang tegas dari PSG atas Basaksehir.

Neymar mengemas trigol untuk menyokong kemenangan PSG, sedangkan bintang Le Parisien lainnya, Kylian Mbappe, menyumbangkan dua gol yang mana hanya bisa dibalas sekali oleh tim tamu lewat Mehmet Topal.

Pada menit ke-21, atau tujuh menit menit selepas sepak lanjut Neymar langsung membuka keunggulan PSG dengan tembakan cantik menyusul umpan kiriman Marco Verratti.

Keunggulan PSG berganda pada menit ke-37 lewat gol kedua Neymar yang menyelesaikan umpan tarik dari Mbappe dan bolanya tetap melewati garis gawang kendati sempat dihalau oleh kiper Fehmi Gunok.

PSG berhak lolos ke 16 Besar Liga Champions dengan status juara Grup H. RB Leipzing jadi pendampingnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News