PSI Bantu Satgas TPPO Memulangkan 16 Korban Trafficking

PSI Bantu Satgas TPPO Memulangkan 16 Korban Trafficking
Rombongan PSI bersama keluarga 16 korban human trafficking menemui Satgas TPPO Bareskrim Polri. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum PSI Grace Natalie, Jangkar Solidaritas PSI yang diwakili Muannas Alaidid dan Aulia Fahmi, serta perwakilan keluarga 16 korban human trafficking bertemu dengan Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri di kantor Bareskrim Polri Jalan Medan Merdeka Timur No. 16, Jakarta Pusat.

Pertemuan yang dipimpin langsung Wadir Dittipidum Bareskrim Polri selaku Ketua Satgas TPPO ini merupakan kelanjutan dari konferensi pers di DPP PSI, sehari sebelumnya.

"Beberapa perwakilan keluarga korban antara lain Bapak Nur Hidayat dan Ibu Ela dalam pertemuan di Bareskrim kembali mengutarakan kronologi para korban diiming-imingi bekerja di Jakarta dengan gaji yang besar dan fantastis. Pada kenyataannya korban justru malah dibawa ke Republik Rakyat Tiongkok untuk menjalani kawin paksa," dalam keterangan yang diterima, Jumat (21/9).

Setelah mendengar pengaduan para korban, akhirnya Satgas TPPO, melalui Kombes Pol Agus Nugroho mengambil sikap.

Saat ini Satgas TPPO Polri telah berkoordinasi dengan Kepolisian Tiongkok dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tiongkok untuk turut membantu memantau/memonitor para korban agar terjamin keselamatannya.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tiongkok telah menginformasikan bahwa ada 2 dari 16 korban telah melarikan diri dari rumah suaminya, dan kedua korban sudah berada di Kedutaan dalam keadaan selamat.

Selanjutnya Satgas TPPO Polri secara maraton akan berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk segera menjemput atau memulangkan semua korban dalam waktu dekat.

Tiga pelaku yang telah menjadi perantara maupun penjual 16 orang korban sudah ditangkap oleh Polda Jawa Barat.

Ketua Umum PSI Grace Natalie, bertemu dengan Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) Bareskrim Polri untuk membicarakan kasus human trafficking

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News