PSI Diprediksi Bakal Kebanjiran Suara karena Dukung Ganjar

PSI Diprediksi Bakal Kebanjiran Suara karena Dukung Ganjar
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Center for Political Communication Studies (CPCS), Tri Okta S.K menilai keputusan PSI mendukung Ganjar Pranowo dapat berbuah manis pada Pemilu 2024 mendatang.

Dia mengatakan PSI memang tidak memiliki kursi di Senayan, tetapi secara formal masih bisa mengusung capres-cawapres menggunakan suara hasil Pemilu 2019.

Langkah PSI cukup berat, karena harus berkoalisi dengan partai lain agar dapat mendukung Ganjar-Yenny Wahid.

"Keputusan PSI mencapreskan Ganjar Pranowo berpasangan dengan Yenny Wahid sebagai cawapres bisa dibilang merupakan langkah berani. Selama ini hanya partai-partai besar yang telah mengumumkan nama capres, yaitu Gerindra dengan Prabowo, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mewacanakan salah satunya ketua umum Golkar Airlangga Hartarto, dan terakhir Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres," katanya saat dihubungi.

Meskipun begitu, dia menambahkan, manuver PSI ini menjadi sebuah terobosan di tengah ketidakjelasan apakah Ganjar bakal diusung sebagai capres atau tidak. Alasannya karena elite PDIP saat ini cenderung memfavoritkan Puan Maharani sebagai Capres.

"Nyatanya tiga besar bursa capres masih dikuasai oleh Prabowo, Ganjar, dan Anies. Kini ketiganya secara resmi telah diusung sebagai capres, sementara Puan masih bergerilya untuk menjajaki koalisi," ujarnya.

Okta mengingatkan, politik merupakan seni kemungkinan, tidak bisa dihitung secara matematika biasa. PSI belakangan mendekat ke KIB, di mana Ganjar disebut-sebut sebagai salah satu nama yang dipertimbangkan sebagai capres, selain para ketua umum partai.

Kemudian, PAN sebagai anggota KIB juga memasukkan Ganjar dalam daftar 9 nama usulan capres. Dia menduga, PSI akan mengusulkan Ganjar jika bergabung dengan KIB. Dan tidak menutup kemungkinan pula KIB dan PDIP merger, lalu memutuskan Ganjar alih-alih Puan sebagai capres.

Keputusan PSI mendukung Ganjar Pranowo dapat berbuah manis pada Pemilu 2024 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News