PSI Pengin Bersih-Bersih DPR, ICW: Partai Lain Harusnya Ikut

PSI Pengin Bersih-Bersih DPR, ICW: Partai Lain Harusnya Ikut
PSI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - ICW ikut mengapresiasi gagasan PSI soal pemangkasan anggaran DPR. Janji kampanye PSI itu dinilai akan berdampak baik bagi DPR.

"Tentu niat bersih-bersih merupakan agenda yang bagus. Seharusnya memang jadi agenda seluruh parpol, mengingat masih ada catatan merah terkait DPR saat ini. Misal anggota DPR terlibat korupsi, penempatan jabatan strategis di DPR dalam rangka memuluskan proyek tertentu, seterusnya," kata peneliti Divisi Korupsi Politik ICW, Almas Sjafrina saat dikonfirmasi, Senin (29/10).

Meski demikian, Almas menuturkan, gebrakan bersih-bersih tersebut akan sulit direalisasikan jika hanya menjadi agenda satu partai politik yakni PSI. "Harus dijadikan agenda bersama," imbuhnya.

Kemudian, pemotongan anggaran tersebut juga perlu dilihat dimana masalahnya. Apakah soal besaran anggaran, penggunaan, atau pelaporannya. Namun, Jika memang besaran anggaran ternyata melebihi kebutuhan, kata Almas, memang perlu dipangkas.

"Tapi kalau soal penggunaan dan pelaporan, mungkin sebaiknya yang diperbaiki adalah masalah tata kelola dan sistem pelaporannya," imbuh Almas.

Lebih lanjut, PSI juga perlu mengkaji terlebih dahulu soal pemangkasan tersebut. Supaya kebijakan yang diambil tepat sasaran. "Prinsipnya, semangat bersih-bersihnya harus diapresiasi," tandasnya.

Sementara, Koordinator ICW Donal Fariz juga melihat positif tawaran bersih-bersih yang ingin dilakukan PSI. "Yang ditawarkan itu kan konsep konsep bersih internal DPR, setiap konsep yang positif tentu bisa diapresiasi," katanya saat dihubungi, Minggu (28/10).

Walau masih sebatas rencana, Donal minta partai besutan Grace Natalie tersebut fokus bekerja supaya lolos parliamentary treshold dan bisa duduk di DPR RI pada Pemilu 2019. "Itu kan planning. Yang utama itu sekarang PSI fokus ke upaya lolos parliamentary treshold," imbuhnya.

ICW ikut mengapresiasi gagasan PSI soal pemangkasan anggaran DPR. Janji kampanye PSI itu dinilai akan berdampak baik bagi DPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News