PSMTI Ajak Warga Keturunan Tionghoa Aktif Dalam Bidang Politik, Darmadi: Jangan Hanya Slogan

PSMTI Ajak Warga Keturunan Tionghoa Aktif Dalam Bidang Politik, Darmadi: Jangan Hanya Slogan
Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Darmadi Durianto. Foto: Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI Darmadi Durianto menyoroti pernyataan Ketua Umum Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Wilianto Tanta yang mendorong keturunan Tionghoa aktif dalam berbagai bidang termasuk politik.

Menurut Darmadi, ajakan ketua PSMTI tersebut mesti dikonkretkan.

Politikus PDI Perjuangan dari daerah pemilihan DKI Jakarta III meliputi Jakarta Utara, Barat dan Kepulauan Seribu ini mengingatkan pentingnya partisipasi aktif warga keturunan Tionghoa dalam ranah eksekutif maupun legislatif.

“Jadi, jangan hanya slogan tetapi harus dibarengi dengan keseriusan yang didukung banyak variabel. Salah satu variabel penting yakni soliditas internal terlebih dahulu,” tegas Darmadi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (7/7/2022).

Anggota Komisi VI DPR RI ini menyarankan kepada PSMTI perlu menyiapkan langkah-langkah sejak awal dan mendukung dengan komitmen penuh agar gagasan tersebut bisa terlaksana.

“PSMTI jangan hanya jadi organisasi kumpulan pengusaha-pengusaha saja tetapi menyiapkan secara baik dari awal. Sebab, tidak mudah bagi orang Tionghoa untuk masuk ke eksekutif maupun legislatif,” ujar Darmadi Durianto.

Darmadi mengungkapkan saat ini para anggota legislatif yang berhasil menembus DPR misalnya lebih banyak karena usaha masing-masing serta peran dari partai pendukungnya.

“Tidak banyak dukungan morel apalagi dukungan yang memadai dari PSMTI," kata Bendahara Megawati Institute itu.

Politikus PDIP Darmadi Durianto menanggapi ajakan ketua PSMTI agar keturunan Tionghoa aktif dalam berbagai bidang termasuk politik. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News