PT Freeport Indonesia Dianugerahi IMA Award 2019

PT Freeport Indonesia Dianugerahi IMA Award 2019
PT Freeport Indonesia (PTFI) dianugerahi Indonesia Mining Association (IMA) Awards 2019 untuk kategori kontribusi terbesar kepada negara melalui PNBP, yang juga dihadiri oleh Presiden Jokowi. Foto dok PTFI

jpnn.com, JAKARTA - PT Freeport Indonesia (PTFI) dianugerahi Indonesia Mining Association (IMA) Awards 2019 untuk kategori kontribusi terbesar kepada negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Kontribusi PTFI terhadap target PNBP Nasional lebih dari 10% atau sebesar Rp 4,2 triliun. Kontribusi ini mengalami kenaikan 51% dari tahun kemarin sebesar Rp 2,02 triliun. 

Kontribusi besar dari PTFI ini mendorong realisasi PNBP Indonesia pada 2018 di sektor pertambangan mineral dan batubara mencapai Rp 32,2 triliun. Keputusan untuk menempatkan PTFI di peringkat pertama diambil oleh tim penilai dan tim teknis yang terdiri dari perwakilan dari praktisi pertambangan serta Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

PTFI juga mendapatkan penghargaan pada kategori perusahaan yang melakukan Program Pengembangan Masyarakat terbaik. Kategori ini merupakan kategori yang baru ada pada 2019. 

PTFI memiliki setidaknya enam program pengembangan masyarakat, antara lain adalah program pendidikan, program kesehatan,  program tingkat pendapatan riil/pekerjaan, program kemandirian ekonomi, program sosial dan budaya, serta program infrastruktur.

Komitmen PTFI untuk Indonesia melalui keenam program tersebut dan kontribusi pada PNBP Indonesia telah mengantarkan PTFI membawa pulang dua penghargaan IMA Awards 2019.

"Pemberian penghargaan ini, sebagai dorongan semangat kepada perusahaan anggota IMA untuk berkontribusi lebih baik lagi kepada negara dan masyarakat," tutur Ketua IMA Ido Hutabarat.

Malam anugerah acara ini juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo yang juga menerima penghargaan tertinggi bidang pertambangan ESDM karena dinilai telah mendukung industri pertambangan dalam negeri. 

PT Freeport Indonesia (PTFI) juga mendapatkan penghargaan pada kategori perusahaan yang melakukan Program Pengembangan Masyarakat terbaik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News