PT Humpuss Maritim Internasional Siap Hadapi Tantangan Industri di Tahun Depan

PT Humpuss Maritim Internasional Siap Hadapi Tantangan Industri di Tahun Depan
PT Humpuss Maritim Internasional (HUMI) terus berupaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Foto dok HUMI

jpnn.com, JAKARTA - Manajemen PT Humpuss Maritim Internasional (HUMI) mengaku siap menghadapi tantangan keterbatasan pasokan energi hingga pemanasan global.

“Melalui beberapa segmen usaha seperti mulai dari kebutuhan jasa sewa kapal, jasa shipping management hingga ketersediaan awak kapal termasuk pengembangan awak melalui Pusat Pelatihan Awak Kapal, kami yakin mampu menjawab tantangan industri yang semakin ketat kedepannya,” ujar Direktur Utama HUMI Tirta Hidayat.

Permasalahan energi pun kini menjadi topik yang sering didiskusikan dalam taraf internasional setelah adanya keputusan Rusia melakukan serangan militer ke Ukraina yang berdampak pada melonjaknya harga komoditas energi berbasis fosil seperti minyak mentah dunia.

Permintaan energi bersih di tingkat global, termasuk Indonesia, cenderung meningkat.

"LNG menjadi pilihan tepat dalam transisi energi Indonesia menuju energi bersih mendukung ekonomi Indonesia yang tangguh dan tumbuh," ungkapnya.

Sebagai perusahaan yang juga memiliki andil dalam perkembangan infrastruktur energi di Tanah Air, HUMI turut menunjukan perannya dalam mengatasi permasalah energi itu dengan berpartisipasi dalam sejumlah proyek besar untuk menunjang industri hulu energi Tanah Air.

Melalui PT GTS Internasional Tbk (GTSI), HUMI sebelumnya telah berpartisipasi dalam pembangunan fasilitas penyimpanan dan regasifikasi terapung LNG (Liquified Natural Gas) atau gas alam cair bernama FSRU Jawa Satu yang terletak di perairan Cilamaya, Jawa Barat.

Infrastruktur pendukung LNG itu pun memiliki peran yang strategis untuk menyuplai bahan baku bagi pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Jawa Satu, yang memiliki kapasitas produksi listrik mencapai 1.760 mega watt (MW) untuk wilayah Jawa dan Bali.

HUMI juga melakukan pemeliharaan kapal secara reguler sebagai salah satu kunci efektivitas dan menjamin ketepatan waktu dalam pengiriman muatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News