PT KA Tambah 170 Kereta Barang

PT KA Tambah 170 Kereta Barang
PT KA Tambah 170 Kereta Barang
JAKARTA - PT Kereta Api (PT KA) menambah kapasitas 170 unit kereta gerbong terbuka dan tertutup untuk meningkatkan pelayanan angkutan barang tahun ini. Selama ini, angkutan barang memberikan kontribusi hingga 50 persen pendapatan BUMN perkerataapian itu.

Direktur Komersil PT KA Sulistya Wimbo Hardjito mengatakan, dengan menambah jumlah kereta ditargetkan terjadi pertumbuhan volume angkutan barang hingga 15 persen dibanding tahun sebelumnya. "Selama ini, angkutan barang kontribusinya besar. Sepanjang 2010, tercatat volume angkutan barang mencapai 19 juta ton," ujarnya kemarin.

Dengan bertambahnya jumlah kereta, Wimbo menargetkan volume angkutan barang yang bisa diraih PT KA bisa 21,85 juta ton. Hal itu cukup wajar karena moda transportasi kereta api sudah menjadi pilihan untuk mengangkut hasil-hasil tambang di berbagai daerah. "Dengan begitu, otomatis pendapatan perseroan akan bertambah," tuturnya.

Dia mencontohkan, per 7 Maret 2011 pihaknya baru memulai kontrak pengangkutan 1.500 kontainer setiap bulan dari Suntraco Grup. Kontrak tersebut berlangsung selama satu tahun untuk rute Jakarta-Surabaya. "Ada kontrak lain yang masih dinegoisasi. Misalnya dengan Wilmar Grup. Kami berharap kontrak bisa terealisasi sejalan bertambahnya sarana KA," imbuhnya.

JAKARTA - PT Kereta Api (PT KA) menambah kapasitas 170 unit kereta gerbong terbuka dan tertutup untuk meningkatkan pelayanan angkutan barang tahun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News