PT KAI Aktifkan Jalur Lokomotif Rel Bergerigi di Ambarawa

PT KAI Aktifkan Jalur Lokomotif Rel Bergerigi di Ambarawa
Foto/ilustrasi: Radar Semarang/JPG

jpnn.com - BOROBUDUR - Kabar gembira datang dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Perusahaan transportasi milik BUMN itu membuka kembali jalur lama antara Stasiun Ambarawa-Jambu-Bedono.

“Zaman Belanda dulu, jalur kereta api ini untuk mengangkut tebu dan hasil bumi. Sekarang diaktivasi untuk pariwisata,” kata Menpar Arief Yahya, di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Medan Merdeka Barat, Selasa (7/11).

Ada yang istimewa dari aktivasi jalur kereta yang pernah dibangun oleh Belanda itu. Yakni jalur rel bergerigi di antara dua rel, pada tanjakan dan turunan tajam di jalur Jambu-Bedono. Panjangnya 5,6 kilometer, yang hanya ada di India, Swiss dan Indonesia saja.

“Jadi ini sangat unik. Kereta uapnya lama, jalurnya lama, stasiunnya lama, dan menjadi atraksi sejarah yang sangat menantang,” papar Arief Yahya, Menteri Pariwisata RI.

”Ini juga sangat baik untuk Pariwisata Indonesia dan menambah atraksi di destinasi Borobudur. Sudah sejak 27 Oktober 2016 jalur ini sudah dibuka. Jalur ini semula digunakan utk mengangkut hasil bumi. Untuk sekarang ini digunakan sebagai alternatif obyek wisata khusus menggunakan lokomotif uap,” ujar Anggota Pokja Percepatan 10 Destinasi, Borobudur Kementerian Pariwisata (Kemenpar),  Larasati Sedyaningsih, Senin (7/11).

Larasati mengatakan, jalur bergerigi itu kelihatan unik dan saat dioperasikan untuk mengerem manual, zaman itu sulit sekali ditemukan. Model kereta tradisional juga menjadi destinasi unik di San Fransisco, Amerika Serikat.

Lokomotif yg digunakan jenis uap seri B 2502 yang dapat menarik dua gerbong kapasitas 80 orang. "Jadi tambah satu rute lagi, selain rute Ambarawa-Tuntang," imbuhnya.

Seperti diketahui, sebelumnya upaya sudah dilakukan PT KAI dengan membuka paket wisata kereta uap dari Stasiun Ambarawa, Kabupaten Semarang menuju Stasiun Tuntang.

BOROBUDUR - Kabar gembira datang dari PT Kereta Api Indonesia (KAI). Perusahaan transportasi milik BUMN itu membuka kembali jalur lama antara Stasiun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News