PT KAI Sumsel Sediakan Layanan Kesehatan Gratis di Gerbong KA

PT KAI Sumsel Sediakan Layanan Kesehatan Gratis di Gerbong KA
Ilustrasi. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - PALEMBANG - Sukses meluncurkan kereta kesehatan di pulau Jawa, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali meluncurkan rail clinic untuk wilayah kerja Divre III Sumsel, Rabu (21/12). 

Meski berada di atas gerbong kereta rel diesel (KRD) atau kereta retrofit, fasilitas dimiliki seperti rumah sakit. Seperti poliklinik berjalan di atas rel.

Dirut PT KAI (Persero), Edi Sukmoro, menerangkan  fasilitas yang dimiliki Rail Clinic ini cukup lengkap. Seperti ruang monitor dokter, ruang tindakan, pemeriksaan gigi, ruang bersalin hingga pemeriksaan mata. 

Dan untuk gerbong pertama digunakan untuk tindakan medis yakni, pelayanan darurat meliputi bantuan hidup dasar atau Cardiopulmonary resuscitation (CPR), alat monitoring pasien, alat kejut jantung, tindakan bedah minor, rekam jantung hingga penangan kasus trauma.

Sedangkan untuk gerbong kedua, digunakan sebagai ruang tindakan persalinan atau ruang bersalin, ruang pemeriksaan umum dan ruang farmasi. Bahkan peralatan medis yang digunakan untuk pemeriksaan mata menggunakan alat digital. 

“Selain pasien umum, di rail clinic juga melayani masyarakat dengan keluhan mata, gigi hingga persalinan. Semuanya gratis untuk masyarakat sekitar rel,” ujar Dirut PT KAI (Persero), Edi Sukmoro, dalam peluncuran Rail Clinic di Stasiun Kertapati, seperti diberitakan Sumatera Ekspress (Jawa Pos Group) hari ini.

 Untuk itu, dalam perkembangannya nanti, rail clinic ini akan ditambah dua gerbong lagi yang dipersiapkan untuk fasilitas belajar anak-anak dan peralatan penanggulangan bencana. 

“Klinik ini tidak hanya untuk masyarakat sekitar saja, tapi seluruh lapisan masyarakat yang membutuhkan. Dengan kata lain, sepanjang dilalui rel dan lintas stasiun juga dilayani tanpa terkecuali dan gratis termasuk obat,” tegasnya.

PALEMBANG - Sukses meluncurkan kereta kesehatan di pulau Jawa, PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali meluncurkan rail clinic untuk wilayah kerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News