PT Pegadaian Targetkan Laba 2024 Capai Rp 5,5 Triliun

PT Pegadaian Targetkan Laba 2024 Capai Rp 5,5 Triliun
Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Pegadaian menargetkan pencatatan laba pada 2024 sebesar Rp 5,5 triliun.

Adapun perolehan laba bersih pada kuartal I tahun ini sebesar Rp 1,4 triliun atau tumbuh sebesar 33,2%.

“Rp 5,5 triliun untuk tahun ini,” ujar Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan di The Gade Tower Jakarta, Selasa (7/5).

Damar mengungkapkan, di tengah kondisi gejolak global, Pegadaian mencatat kinerja yang positif dengan kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) pada kuartal pertama tahun ini turun dari Rp 1,86 jadi Rp 1,26 triliun.

“Moga-moga kedepannya juga tetap di bawah 2 atau di sekitar 1,26,” serunya.

Sebelumnya, Pegadaian mencatat penyaluran pinjaman atau Outstanding Loan (OSL) Gross di Pegadaian tumbuh sebesar 17,0% year on year (yoy) dari Rp 61,2 triliun menjadi Rp71,6 triliun.

Jumlah nasabah pun ikut naik 9,3% dari 22,4 juta nasabah di Maret 2023 menjadi 24,4 juta nasabah di Maret 2024.

"Pencapaian ini tidak luput dari holding BUMN Ultra Mikro yang berhasil mendorong bisnis pembiayaan mikro melalui produk gadai dan investasi lewat produk non-gadai. Bersama BRI dan PNM, Pegadaian berkomitmen untuk mengembangkan UMKM, salah satunya dengan menyalurkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah", ujar Damar dalam keterangan resmi, Jumat, (26/4).

Pegadaian berkomitmen untuk mengembangkan UMKM, salah satunya dengan menyalurkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News